Tajuk

Anak Spesial

APA yang terlintas di pikiran Anda ketika mendengar istilah anak berkebutuhan khusus? Banyak orang yang menganggap istilah

Anak Spesial
BPost Cetak
Ilustrasi 

APA yang terlintas di pikiran Anda ketika mendengar istilah anak berkebutuhan khusus? Banyak orang yang menganggap istilah anak yang berkebutuhan khusus atau ABK ini merupakan suatu hal yang buruk dan jelek.

Padahal, sebenarnya yang namanya anak berkebutuhan khusus bukan hanya disematkan pada mereka yang memiliki kecacatan. Ada beberapa kondisi juga yang terjadi pada anak-anak dan masuk ke dalam kriteria berkebutuhan khusus ini, seperti misalnya gangguan belajar, bahkan anak yang jenius dengan IQ sangat tinggi pun juga termasuk anak berkebutuhan khusus.

Atas dasar ini, memandang ABK sebagai kelompok anak yang harus dipinggirkan dari pergaulan sudah saatnya dibuang jauh-jauh. Seperti anak-anak lainnya, ABK juga mendapatkan hak menikmati pendidikan. Karena itulah pemerintah menyediakan sekolah inklusi bagi ABK.

Apakah sekolah inklusi? Sekolah inklusi adalah sekolah regular (biasa) yang menerima ABK dan menyediakan sistem layanan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan anak tanpa berkebutuhan khusus (ATBK) dan ABK melalui adaptasi kurikulum, pembelajaran, penilaian, dan sarana prasarananya.

Di sekolah tersebut ABK mendapat pelayanan pendidikan dari guru pembimbing khusus dan sarana prasarananya. Prinsip mendasar dari pendidikan inklusi adalah selama memungkinkan, semua anak seyogyanya belajar bersama-sama tanpa memandang kesulitan ataupun perbedaan yang mungkin ada pada mereka.

Sayangnya hingga saat ini pemerintah terkesan kurang siap menyiapkan sarana dan prasarana sekolah inklusi, khususnya untuk tenaga pendidik.

Idealnya, ABK tersebut dimasukkan di dalam ruang khusus untuk ditangani guru khusus dengan kegiatan terapi sesuai kebutuhan. Anak-anak berkebutuhan khusus tersebut juga tetap bisa belajar di kelas regular dengan guru pendamping bersamanya selain guru kelas.

Bagaimana pun keadaannya setiap ABK berhak mendapatkan hak yang sama seperti anak-anak normal lainnya. Di balik kekurangan mereka pasti ada kelebihan yang diberikan Tuhan. Mereka adalah anak-anak spesial. (*)

Editor: BPost Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved