Berita Kotabaru

Pemkab Kotabaru Bakal Relokasi Rumah Warga, Gara-gara Diserang Puting Beliung Terus

Berdasarkan catatan pihak Kecamatan Pulau Sembilan, ratusan rumah tersebar di tiga rukun tetangga

Pemkab Kotabaru Bakal Relokasi Rumah Warga, Gara-gara Diserang Puting Beliung Terus
helriansyah
Kepala Seksi Pemerintahan, Kecamatan Pulau Sembilan Kotabaru Andi Zainuddin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Bencana puting beliung beberapa waktu lalu memporak porandakan raturan rumah warga di Desa Tengah dan Tanjung Nyiur, Kecamatan Pulau SembIlan Kotabaru masih menjadi ancaman.

Berdasarkan catatan pihak Kecamatan Pulau Sembilan, ratusan rumah tersebar di tiga rukun tetangga (RT) karena mayoritas berada dekat pesisir pantai, dianggap rawan terjangan puting beliung.

Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Pulau Sembilan Andi Zainuddin kepada banjarmasinpost.co.id, mengakui ada tiga RT rawan terdampak bencana puting beliung karena berada dekat pesisir.

"Jumlah kepala keluarga (KK) tidak tahu pasti. Tapi ada di tiga RT rumah warga yang rawan puting beliung," jelas Andi, Senin (2/4/2018).

Andi berpendapat rumah warga berada dekat pesisir pantai sudah selayaknya direlokasi ke daerah lebih aman. Selain rawan terjangan puting beliung, juga adanya ancaman abrasi laut.

Disinggung wancana pemerintah kabupaten (Pemkab) Kotabaru akan merelokasi rumah warga berada dekat pesisir pantai. Andi belum bisa memberikan keterabgan rinci.

"Soal ini harus dibicarakan diinternal kecamatan dan tingkat desa. Belum lagi bisa disosialisasikan ke masyarakat. Tapi saran saya, selain wacana relokasi tetap perlu dibangunkan siring pencegah abrasi," ucapnya.

Sebelumnya Bupati Kotabaru H Sayed Jafar belum lama tadi pernah mengatakan, wacana akan merelokasi rumah warga berada dekat pesisir.

"Minta camat melihat ke kelapangan kalau memungkin rumah warga dinaikan ke atas (darat) sedikit," pinta saat memberikan bantuan untuk para korban beberapa waktu lalu.

Wacana tersebut dilakukan upaya mengantisipasi kembali terjadi bencana puting beliung menerjang ratusan rumah warga.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved