Pelatihan K13 Belum Berakhir

Apakah Kurikulum 2013 (K13) ini masih belum sempurna pelaksanaannya atau apakah ini cuma proyek untuk menghabiskan uang rakyat?

Pelatihan K13 Belum Berakhir
Bpost/Rizali
Public Services

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kepada Kadisdikbud Prov. Kalsel dan kepala LPMP Prov. Kalsel. Apakah Kurikulum 2013 (K13) ini masih belum sempurna pelaksanaannya atau apakah ini cuma proyek untuk menghabiskan uang rakyat? Sejak diberlakukannya kurikulum 2013, setiap tahun pasti ada pelatihannya yang menurut saya sangat tidak efektif, anggarannya terlalu besar. Sampai kapan pelatihan K13 berakhir? Mendingan anggarannya dialihkan ke kegiatan lain dan tentu saja dievaluasi terlebih dulu dan dari LPMP turun langsung ke sekolah. Demikian, terima kasih.
082132722xxx

TANGGAPAN:

ASSALAMUALAIKUM Wr. Wb. Menanggapi pernyataan terkait Kurikulum 2013, perlu kami sampaikan bahwa; Pertama, pelaksanaan pelatihan Kurikulum 2013 (K13) dilakukan kembali secara bertahap dari tahun 2015 sebanyak 6 persen, 2016 sebanyak 19 persen, 2017 sebanyak 35 persen sekolah sasaran dan di tahun 2018 sisanya sebanyak 40 persen, sehingga mencapai target pada tahun 2018 ini 100 persen sekolah telah dilatih K13. Jadi pelatihan K13 yang dilakukan setiap tahun dengan sasaran guru dan sekolah yang berbeda, bukan terhadap sekolah yang sama.

Jika sudah dilatih tahun sebelumnya, tidak dipanggil lagi untuk tahun berikutnya. Kedua, pelaksanaan pelatihan K13 untuk guru sasaran dilaksanakan di sekolah-sekolah yang ditunjuk di setiap kabupaten/kota dan dilaksanakan pada libur akhir tahun ajaran/libur bulan Ramadan dengan tujuan lebih menghemat biaya, karena peserta tidak menginap, kecuali yang berasal dari daerah yang memang tidak memungkinkan pulang pergi, dan tidak ada biaya sewa tempat karena dilaksanakan di sekolah-sekolah. Sedangkan untuk penyiapan tenaga instrukturnya sendiri hanya dilaksanakan di tempat-tempat pelatihan.

Ketiga, diberlakukannya K13 ini untuk menjawab tuntutan dan perkembangan dunia pendidikan yang terus berkembang dan didalamnya dimuat nilai-nilai karakter dan pembiasaan membaca/literasi bagi peserta didik. Demikian dan terima kasih.

DRS H NURYANTO MPD
Kepala LPMP Kalsel

Editor: BPost Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved