Bertakwa

Hebat! HSU Masuk Nominasi Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan Tingkat Nasional

Kali ini, desa Pulau Tambak Kecamatan Amuntai Selatan yang berhasil menjadi duta Kabupaten HSU sekaligus duta Provinsi Kalsel

Hebat! HSU Masuk Nominasi Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan Tingkat Nasional
Istimewa
Bupati HSU H Abdul Wahid H bersama tim verifikasi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) kembali terpilih sebagai Duta Provinsi Kalimantan Selatan dalam Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan Tingkat Nasional Tahun 2018.

Kali ini, desa Pulau Tambak Kecamatan Amuntai Selatan yang berhasil menjadi duta Kabupaten HSU sekaligus duta Provinsi Kalimantan Selatan dalam Lomba Kesatuan Gerak PKK Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kesehatan Tingkat Nasional Tahun 2018.

Mayambut kedatangan Tim Verifikasi Kesatuan Gerak PKK-KKBPK di Kabupaten Hulu Sungai Utara.
Mayambut kedatangan Tim Verifikasi Kesatuan Gerak PKK-KKBPK di Kabupaten Hulu Sungai Utara. (Istimewa)

Terpilihnya Desa Pulau Tambak dalam lomba tersebut karena berhasil meraih juara 1 pada Lomba Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK- Kesehatan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2018.

Tim Verifikasi Lapangan Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK- Kesehatan Tingkat Nasional Tahun 2018 dari Jakarta tiba ke Desa Pulau Tambak Kecamatan Amuntai Selatan, Jumat (06/04/2018).

Tim verifikasi melihat hasil kerajinan PKK di HSU.
Tim verifikasi melihat hasil kerajinan PKK di HSU. (Istimewa)

Verifikasi lapangan dilakukan sebelum nantinya diumumkan desa yang berhasil menjadi terbaik I dalam lomba tersebut. Kehadiran tim verifikasi beserta rombongan disambut langsung oleh Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M.Si beserta jajarannya serta anak-anak PAUD dan Taman Kanak-Kanak Desa Pulau Tambak, kedatangan rombongan disambut dengan tarian tradisional sinoman hadrah.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga digelar bazar kelompok UPPKS yang diadakan oleh TP PKK Kecamatan Amuntai Selatan dan TP PKK Kecamatan Desa Pulau Tambak, berbagai produk yang dipamerkan diantaranya seperti telor asin itik alabio, kerupuk ikan dan itik dan bermacam- macam kue kering khas Amuntai. Produk kerajinan khas Amuntai yang terbuat dari anyaman purun, eceng gondok dan rotan seperti tas dan lainnya juga dipamerkan dalam kegiatan tersbut, tidak ketinggalan pula digelar pelayanan posyandu dan kesehatan bagi masyarakat.

Ketua PKK Anisah Rasyidah Wahid menjelaskan kegiatan PKK Desa Pulau Tambak
Ketua PKK Anisah Rasyidah Wahid menjelaskan kegiatan PKK Desa Pulau Tambak (Istimewa)

Bupati HSU H Abdul Wahid HK dalam sambutannya menyampaikan rasa senangnya, karena HSU sering kali menjadi duta Provinsi Kalimantan Selatan dalam berbagai lomba di tingkat nasional, ketika HSU terpilih sebagai duta provinsi di tingkat nasional ini berarti HSU sebelumnya menjadi yang terbaik di tingkat provinsi Kalsel seperti pada Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK- Kesehatan Tingkat Nasional Tahun 2018 ini.

“Kita sama sama berdoa semoga Desa Pulau Tambak Kecamatan Amuntai Selatan menjadi yang terbaik dan memperoleh juara 1 pada Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK- Kesehatan Tingkat Nasional Tahun 2018 ini, dan melalui kegiatan ini dapat mendorong kesungguhan dan kerjasama kitasemua untuk ikut membantu mewujudkan keluarga sejahtera, keluarga berencana dan kesehatan masyarakat di Kabupaten HSU,” ujarnya.

Melalui kegiatan kegiatan ini diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap penurunan tingkat kelahiran dan kematian ibu dan bayi, mendukung percepatan eliminasi TBC, pencegahan stunting/gizi buruk dan peningkatan cakupan dan kualitas imunisasi dalam rangka untuk mewujudkan manusia yang sehat dan berkualitas.

Sementara Ketua Tim Verifikasi Pusat drg Laksmi Wiyatuti dalam sambutannya mengatakan, verifikasi lapangan Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK- Kesehatan ini bertujuan ingin melihat, mencatat, dan memonitor perkembangan atau hasil yang diperoleh dalam bidang Kesehatan dan program KKBPK, meliputi pengecekan aspek administrasi, kegiatan lapangan, standar operasional dari tiap-tiap organisasi PKK termasuk bina-bina keluarga dan juga bagaimana tentang aksi atau kegiatan yang terkait dengan masalah kesehatan untuk warga masyarakat.

Dalam hal ini Laksmi mengapresiasi Desa Pulau Tambak Kabupaten HSU yang berhasil masuk nominasi pada lomba ini, dirinya berpesan karena Desa Pulau Tambak sudah masuk nominasi maka harus bisa mempertahankan prestasinya. Karena nantinya tidak menutup kemungkinan akan menjadi tujuan dan rujukan bagi daerah lain dalam objek peningkatan kegiatan kesatuan gerak PKK-KKBPK- Kesehatan.

“Kami berharap adanya lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK- Kesehatan ini, tingkat kesejahteraan masyarakat dapat meningkat, karena permasalahan-permasalahan yang kerap dialami masyarakat dapat diatasi dan berkurang, seperti angka kematian ibu dan bayi, angka kemiskinan keluarga serta juga keluhan masyarakat terkait masalah kesehatan,” ujarnya. (adv/ol)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved