Berita Tanahlaut

3 Hancur, 22 Rumah Terdampak Bencana Amuk Puting Beliung di Bumimakmur

Aparatur Pemerintahan Desa Handil Labuan Amas mencatat sekitar 22 rumah terdampak. Tiga unit rumah di antaranya hancur

3 Hancur, 22 Rumah Terdampak Bencana Amuk Puting Beliung di Bumimakmur
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Aparatur Pemerintahan Desa gotong royong menyalurkan bantuan Pemerintah Kabupaten Tanahlaut kepada para warga yang terdampak bencana angin puting beliung di Desa Handil Labuan Amas, Bumimakmur, Tanahlaut. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Pasca amuk angin puting beliung yang melanda Desa Handil Labuan Amas, Kecamatan Bumimakmur, Kabupaten Tanahlaut, Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (6/4/2018) petang.

Aparatur Pemerintahan Desa Handil Labuan Amas mencatat sekitar 22 rumah terdampak. Tiga unit rumah di antaranya hancur tak dapat dihuni, enam mengalami rusak berat dan selebihnya kerusakan sekitar 50 persen.

Kepala Desa Handil Labuan Amas, Budri mengaku sekitar 22 kepala keluarga terdampak bencana dengan total 86 jiwa. Tiga rumah yang hancur dan enam rusak mengungsi ke rumah kerabatnya.

"Tidak ada warga kami yang terlantar. Saya juga sudah berbicara dengan keluarga yang rumahnya menampung para korban agar memperhatikan makanan," katanya.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live TV) Derby Manchester Man City vs MU Malam Ini

Budri menjelaskan kerusakan rumah warganya akan segera dibuatkan usulan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Tanahlaut, terutama tiga rumah yang hancur.

Pantauan Banjarmasinpost.co.id, sebagian warga yang terdampak sudah dapat tersenyum dan tertawa karena bantuan makanan dan minuman disalurkan Pemerintah Kabupaten Tanahlaut.

Belasan personel berseragam Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanahlaut, Dinas Sosial dan Palang Merah Indonesia sudah menyerahkan kotak berisi kebutuhan yang diperlukan warga.

Baca: Hasil Bali United vs Perseru Serui : Skor Babak Pertama 1-0 Lewat Gol Taufik

Bantuan itu dikumpulkan di halaman rumah tinggal Kepala Desa Handil Labuan Amas, Budri. Seusai rombongan dari Pemerintah Kabupaten Tanahlaut balik kanan menuju Pelaihari.

Budri dibantu aparatur Pemerintah Desa Handil Labuan Amas langsung membagikan kepada para warga yang terdampak bencana angin puting beliung. Bantuan tas berisi peralatan sekolah juga disalurkan.

Menurut Budri, bencana angin puting beliung itu kali kedua melanda wilayah desanya, sejak 2014 lalu. Cuma korban yang terbanyak terjadi tahun ini merusak 22 rumah warganya.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Inggris di RCTI Sabtu Malam : Derby Man City vs Manchester United

Camat Bumimakmur, Sahidanor mengaku bantuan yang disalurkan Pemerintah Kabupaten Tanahlaut itu menandakan pemerintah hadir diantara para korban bencana.

"Wilayah Desa Handil Labuan Amas ini merupakan wilayah ujung perbatasan dengan Kabupaten Banjar. Sebagian jalannya memang belum beraspal dan wilayah hamparan pertanian," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help