Berita Banjarmasin

Konsumen Indomaret dan Alfamart Bebas Parkir, Tapi Pajak Parkir Tetap Ditagih ke Perusahaan

Namun sebagai cara agar penghasilan pajak optimal, maka potensial pajak, yakni pajak parkir di dua toko itu pun harus dibayarkan

Konsumen Indomaret dan Alfamart Bebas Parkir, Tapi Pajak Parkir Tetap Ditagih ke Perusahaan
Isti Rohayanti
Kadishub Kota Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN- Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin kini akan tarik pajak parkir di Indomaret dan Alfamart. Dimana sebelumnya, sejak puluhan toko retail modern itu berdiri, Dishub belum pernah melayangkan penarikan pajak parkir terhadap toko itu.

Namun sebagai cara agar penghasilan pajak optimal, maka potensial pajak, yakni pajak parkir di dua toko itu pun harus dibayarkan.

Baca: DPRD Kalsel Tegaskan Kementerian ESDM Tak Berikan Intruksi Pengurangan Jatah Premium

Karena disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik, telah ada peraturannya untuk membayar parkir.

"Jadi sebenarnya Alfamart dan Indomaret ini memang harus ada parkir. Cuma mereka menggratiskan kepada konsumennya sebagai bentuk daya tarik," ucap Ichwan, Jumat (6/4/1018).

Baca: SPBU Utamanya Pelangsir Jadi Premium Cepat Habis, Hiswana Migas: Pertamina Operatornya

Ia menambahkan, peraturan membayar pajak parkir telah ada di UU nomor 28 tahun 2009. Selain itu juga tertera pada Perda tentang pajak parkir.

Diterangkan oleh Ichwan, kedua jenis toko retail itu memang tidak menarik atau memungut parkir pengunjung. Akan tetapi beban pajak parkir dibayar langsung oleh perusahaan.

Baca: Waduh! Premium di Kalsel Kian Langka, Begini Faktanya di Lapangan

Namun diterangkan Ichwan lain cerita apabila pengelola dua jenis toko itu memang menugaskan petugas parkir untuk memungut biaya parkir. Sehingga hal tersebut, ia sampaikan tidaklah menjadi masalah.

"Parkir di dua tempat itu memang digratiskan, terkecuali ada kebijakan pengelolaan. Ada kebijakan dari mereka untuk memberhentikan penggratisan dan itu dibolehkan. Karena memang harusnya seperti itu," ucap Ichwan.

(Banjarmasinpots.co.id/ Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved