Berita Kotabaru

NEWSVIDEO: Pesta Laut Suku Bajau Samma Desa Rampa Kotabaru

Pesta laut atau selamatan laut oleh Suku Bajau Samma, Desa Rampa, Kecamatan PulaU Sebuku Kotabaru telah menjadi agenda rutin

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Pesta laut atau selamatan laut oleh Suku Bajau Samma, Desa Rampa, Kecamatan PulaU Sebuku Kotabaru telah menjadi agenda rutin tahunan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Sabtu (7/4/2018).

Dalam dua tahun terakhir pesta adat menjadi tradisi warga Suku Bajau, oleh Disbudpar Kotabaru terus digaungkan sebagai wisata budaya.

Menjadi keunikan dalam tradisi ini, dengan dilaksanakannya prosesi ritual memberi 'makan' laut dilakukan oleh sandro (spiritual) berlangsung di Gosong Bangau, Kecamatan Pulau Sebuku.

Baca: Miliarder Muda Ini Terbaring di Peti Mati Berlapis Emas dan Perhiasan Emas Senilai 1,3 Miliar

Baca: Kondisi Salman Khan Dalam Penjara, Hakimnya Dipindahkan Hingga Salman Tak Bernafsu Makan

Baca: Ini Ancaman Shinta Bachir Pada Robby Abbas Jika Sebut Terus Dikaitkan Prostitusi Artis

Proses pesta adat yang diikuti warga dari Suku Bajau setempat, mereka juga saling berebutan untuk mandi di pesisir Gosong Bangau. Selain mereka juga membawa pulang air yang dimasukan ke dalam botol air kemasan.

Hal ini sebagai bentuk kepercayaan atau tradisi warga yang mayoritas nelayan, sebagai bentuk ucapan rasa syukur kepada sang Pencipta.

(Banjarmasinpost.co.id / Helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved