Berita HSU

Penilaian Pertaha Raih Nilai 7,4, Pemkab HSU Persiapkan Hadapi Penilaian Tahap Dua Adipura

Tahap pertama penilaian Adipura di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) telah selesai dilakukan.

Penilaian Pertaha Raih Nilai 7,4, Pemkab HSU Persiapkan Hadapi Penilaian Tahap Dua Adipura
HO/Humas Pemkab HSU
Bupati HSU Abdul Wahida saat meninjau kondisi Pasar Induk Amuntai, HSU. Pasar Induk Amuntai menjadi salah satu sasaran penilaian Adipura tahap 2. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Tahap pertama penilaian Adipura di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) telah selesai dilakukan. Dan saat ini Pemerintah Daerah HSU tengah mempersiapkan untuk penilaian tahap kedua.

Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim dan LH) HSU Rusnaidy mengatakan pada penilaian Adipura tahap pertama HSU berhasil memperoleh nilai 75.14.

Dan saat ini pihaknya tengah bersiap menghadapi penilaian tahap dua. Pada penilaian Adipura tahun lalu Kabupaten HSU mendapat nilai cukup rendah untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tebing Liring.

Namun saat ini TPA Tebing liring mulai dilakukan perbaikan salahsatunya dengan mengoperasionalkan kembali jembatan timbang yang pada tahun lalu masih belum berfungsi.

Baca: Acara Raffi Ahmad Dihentikan Usai Nagita Slavina Komentari Goyangan Ayu Ting Ting

Baca: Berani Jelek-jelekan Vladimir Putin Lalu Sindir Fadli Zon, Ternyata Ini Pendidikan Tsamara Amany

"Awalnya untuk menghitung sampah harian yang masuk ke TPA hanya berdasarkan perkiraan, namun saat ini sudah bisa dihitung secara akurat menggunakan jembatan timbang," ujarnya.

Selain TPA Tebing Liring beberapa tempat umum lain juga terus ditingkatkan kebersihannya. Seperti pasar yang merupakan tempat umum paling banyak dikunjungi warga. Penjual dan pembeli dari berbagai tempat datang dan bertemu di tempat tersebut. Pemerintah Daerah sempat melakukan pembersihan Pasar Induk Amuntai secara massal dengan menurunkan seluruh PNS Pemkab HSU.

Pembersihan pasar Induk Amuntai juga dilakukan oleh Polres HSU dan Kodim 1001 Amuntai. Program ini jelas sangat membantu para pasukan kuning yang juga ikut melakukan aksi kebersihan.

Tempat umum lain yang juga menjadi penilaian adalah sekolah dan Kantor SKPD, sudah sejak lama kebersihan ditingkatkan di kedua tempat ini. Pemilahan sampah dengan menyediakan tempat sampah telah lama dilakukan. Sehingga pihak terkait hanya perlu mempertahankan dan menibgkatkannya.

Halaman
12
Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved