Berita Tanahbumbu

Seru, Warga Rebutan Kanrejawa Pute di Festival Gunungan Kanrejawa Pute di Pagatan

Ratusan warga berkumpul di sekitar Lapangan 7 Februari Pagatan Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanahbumbu,

Seru, Warga Rebutan Kanrejawa Pute di Festival Gunungan Kanrejawa Pute di Pagatan
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Ratusan warga berkumpul di sekitar Lapangan 7 Februari Pagatan Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanahbumbu, Minggu (8/4/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Ratusan warga berkumpul di sekitar Lapangan 7 Februari Pagatan Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanahbumbu, Minggu (8/4/18) sekitar pukul 16.00 Wita. Mereka berkumpul untuk menyaksikan

Fetival Gunungan Kanrejawa Pute dan Karnaval Budaya Nusantara. Kanrejawa Pute sendiri merupakan bahasa bugis yang artinya kue putih yang biasanya berbentuk seperti angka 8.

Festival gunungan Kanrejawa Pute itu dibawa berkeliling Kota Pagatan dan dibarengi peserta Karnaval Budaya Nusantara yang dilepas langsung Wakil Bupati Tanahbumbu H Sudian Noor.

Baca: Acara Raffi Ahmad Dihentikan Usai Nagita Slavina Komentari Goyangan Ayu Ting Ting

Baca: Berani Jelek-jelekan Vladimir Putin Lalu Sindir Fadli Zon, Ternyata Ini Pendidikan Tsamara Amany

Warga yang datang pun begitu antusias. Bahkan saat tiba di tugu 7 Februari Pagatan, warga pun berkumpul. Hanya berselang beberapa menit saat finish, masyarakat langsung berebut kue dan dalam sekejab saja, kue itu habis.

Warga berdesak-desakan untuk mendapatkan kanrejawa pute itu. Bahkan ada yang memanjat untuk mendapatkan kue tersebut untuk dinikmati.

Menurut panitia pelaksana dari Multiplus Entertaiment Group, Emer Suaib, mengatakan kegiatan itu dalam rangkaian hari jadi Kabupaten Tanahbumbu ke 15 dan bekerjasama dengan pemerintah daerah.

Baca: LIVE STREAMING Liga 1 2018 Persib vs Mitra Kukar - Link Live Streaming Indosiar Vidio.com

Baca: Link Live Streaming Trans7 MotoGP Argentina 2018 Malam Ini : Kejutan Lagi Rossi?

Tujuan pelaksanaan festival gunungan kanrejawa pute sebab Kanrejawa pute ini ada lah kue khas dan identik dengan suku bugis. Kue ini selalu ada diacara - acara apapun dan kanrejawa pute selalu paling atas.

"Ini memliki makna, karena kanrejawa pute seperti angka 8 dan HUT Tanbu jatuh pada tanggal 8 April. Arti lainnya adalah, kue tersebut tidak terputus sehingga dimaknai seperti Tanbu yang tidak pernah habis dan hubungan antar etnis tidak akan terputus di Tanbu ini," katanya.

Baca: Jadwal Siaran Langsung MotoGP Argentina 2018 di Trans7 Hari Ini: Sulit, Marquez?

Sementara itu, Wakil Bupati Tanbu H Sudian Noor, mengatakan kegiatan tahun ini lebih meriah dengan adanya kegiatan tersebut. Dia pun berpesan agar tahun depan lebih dimeriahkan lagi.

"Akan terus kita tingkatkan dan melibatkan banyak pihak dan elemen lintas sektoral, hingga pelajar SD dan SMA diberdayakan lagi agar lebih meriah dan terus menasional," katanya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat).

Penulis: Man Hidayat
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved