Berita HSU

Pembangunan Taman di Sungai Malang Diusulkan Lagi Tahun Depan, Begini Konsep Desainnya

Sebelumnya Pemerintah Daerah HSU telah membuat desain rancangan RTH yang akan dibangun di Kelurahan Sungai Malang.

Pembangunan Taman di Sungai Malang Diusulkan Lagi Tahun Depan, Begini Konsep Desainnya
banjarmasinpost.co.id/yayu fathilah
Ilustrasi - Salah satu sudut Taman Kamboja di Jalan H Anang Adenansi, Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI  - Pemerintah Daerah melalui Dinas Pasar Kebersihan dan Tatakota (DPKT) HSU berhasil mendapatkan program pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dari pemerintah pusat pada 2016. Saat ini program tersebut dilanjutkan oleh Dinas Perumahan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim dan LH) setelah adanya perubahan SKPD.

Sebelumnya Pemerintah Daerah HSU telah membuat desain rancangan RTH yang akan dibangun di Kelurahan Sungai Malang.

Desain diubah beberapakali yang melibatkan arsitek dan diusulkan langsung kepada pemerintah pusat. Untuk RTH di Kelurahan Sungai Malang mendapatkan anggaran Rp 5 miliar ditambah dengan RTH dikawasan Candi Agung Rp 3 miliar.

Sayangnya program tersebut harus kembali tertunda, Kepala Dinas Perkim dan LH Rusnaidy mengatakan pada akhir tahun 2017 Pemerintah Pusat telah meminta perencanaan agar bisa dilaksankan pada tahun ini.

Baca: Acara Raffi Ahmad Dihentikan Usai Nagita Slavina Komentari Goyangan Ayu Ting Ting

Baca: Link Live Streaming RCTI : Road To Grand Final Indonesian Idol 2018, Berikut Daftar Lagu 3 Finalis

Sayangnya saat itu lahan yang akan dilakukan pembangunan masih belum dilengkapi dengan sertifikat sehingga Pemkab HSU tak dapat memenuhi persyaratan. “Sertifikat baru saja selesai pada belum lama ini, karena sekarang persyaratan sudah lengkap akan diusulkan kembali pembangunannya pada tahun depan, kami berharap tahun depan kembali disetujui,” ungkapnya.

Pembangunan RTH di Kelurahan Sungai Malang sangat dibutuhkan mengingat dalam desain pembangunan nantinya akan dibangun lapangan sepak bola lengkap dengan jogging track dan fasilitas untuk membaca serta peralatan olahraga outdor. Hal ini sangat bermanfaat untuk para pelajar karena Kelurahan Sungai Malang terdapat beberapa sekolah dari berbagai jenjang. Dan RTH ini berada tak jauh dari sekolah tersebut.

RTH juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menghabiskan waktu luang. Lokasinya yang tak jauh dari pemukiman dan beberapa desa lainnya menjadi tempat yang cocok untuk anak anak bermain.

Baca: Ternyata Bukan Karena Ayu Ting Ting, Ini Proyek Baru Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Kepala Dinas perkim dan LH Rusnaidy menambahkansedangkan unntuk pembangunan RTH direncanakan juga akan dilaksanakan di Kawasan Objek Wisata Candi Agung dengan anggaran Rp 3 miliar yang juga dibangunkan oleh Pemerintah Privinsi.

Untuk sertifikat juga telah tersedia, dengan demikian akan meningkatkan sarana dari objek wisata Candi Agung. Dan dihatapkan dapat meningkatkan pendapatan daerah.

Candi Agung merupakan salah satu objek wisata yang masih sering dikunjungi oleh warga dari luar daerah. "Dengan adanya RTH juga meningkatkan keindahan dan pesona candi agung," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id/nia)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help