Kalsel Bergerak

Kalsel Bakal Usulkan Tiga Calon KEK Pariwisata

Kalimantan Selatan mewacanakan bakal mengusulkan tiga calon Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata

Kalsel Bakal Usulkan Tiga Calon KEK Pariwisata
Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari
Kadis Pariwisata, Heriansyah pimpin diskusi terkait KEK Pariwisata di Kalsel khususnya Kiram di Hotel Roditha Banjarbaru, Selasa (10/04/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kalimantan Selatan mewacanakan bakal mengusulkan tiga calon Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata ke Kementerian Pariwisata RI.

Tiga calon yaitu KEK Kiram Kabupaten Banjar, KEK Mekar Putih Teluk Kunyit Kotabaru dan KEK Padang Batung Loksado HSS.

Dalam fokus group discussion terkait fasilitasi usulan KEK di Hotel Roditha Banjarbaru, Selasa (10/04/2018) masing-masing Pemkab dan Pemko di Kalsel diperbolehkan untuk mengajukan usulan KEK di daerahnya.

"Saat ini kita masih menampung aspirasi dari Pemkab dan Pemko yang ingin mengusulkan KEK di daerahnya," ujar Kadis Pariwisata Kalsel, Heriansyah kepada Banjarmasinpost.co.id.

FGD ini jelasnya merupakan tindak lanjut dari surat dari Kementerian Pariwisata RI yang menginginkan adanya KEK di setiap provinsi di Indonesia minimal tiga untuk diusulkan.

Tak ada permintaan khusus oleh Kementerian Pariwisata, namun jelas Heriansyah pihaknya berinisiatif demi memajukan pertumbuhan pariwisata di Kalsel.

Dengan adanya KEK maka investor juga bakal masuk ke Kalsel. Maka kemajuan pariwisata bisa lebih cepat.

Terkait persyaratan yang harus dipenuhi oleh Pemprov Kalsel agar KEK bisa disetujui, Heriansyah mengaku optimismis.

Jika Mandalika Lombok baru disetujui KEK selama 29 tahun menunggu, ia yakin KEK Kalsel juga bisa.

Terlebih untuk KEK Kiram jelasnya merupakan sebuah kompleks pariwisata yang didalamnya terdapat banyak objek wisata, di antaranya Mandikapau, Kahung, Gunung Mawar, Matang Keladan, Sari Kambang, Tahura dan lain-lain. Luas kompleks ini pun lebih dari 112 ribu hektare.

Sementara Sekdaprov Kalsel, H Abdul Haris mengharapkan agar Kabupaten kota yang akan mengusulkan KEK Pariwisata agar tak Ikut-ikutan dengan KEK yang sudah ada.

"KEK pantai misalnya, semua daerah punya laut, punya pantai, tapi kan yang sudah dikenal memiliki KEK pantai yang indah sudah ada, jadi Kalsel kalau bisa tidak usah memaksakan diri untuk KEK laut dan pantai," jelasnya.

Selama ini salah satu destinasi yang masih berbeda dengan daerah lain di Indonesia menurut Haris adalah wisata bambo rafting di Loksado.

Pemerintah daerah bisa mengusulkan KEK pariwisata dengan lebih fokus ke Bambo Rafting Loksado.

"Bambo Rafting Loksado itu masih belum ada yang punya jadi bisa itu dikembangkan," ujarnya. (*/aol)

Penulis: Milna Sari
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved