Ekonomi dan Bisnis

Sri Mulyani : 2045, PDB Indonesia Terbesar Kelima di Dunia, Apa yang Dilakukan Pengaruhi Negara Lain

Bank Indonesia mengumumkan cadangan devisa pada Bulan Maret 2018 turun menjadi 126 miliar dollar AS

Sri Mulyani : 2045, PDB Indonesia Terbesar Kelima di Dunia, Apa yang Dilakukan Pengaruhi Negara Lain
tribunnews.com
Menteri Keuangan Sri Mulyani 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SEMARANG - Menteri Keuangan Sri Mulyani menilai pada 2045 Indonesia menjadi negara dengan pendapatan domestik bruto (PDB) terbesar kelima di dunia.

Hal itu disampaikan Sri Mulyani saat memberi kuliah umum terhadap mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika Undip. Ia bicara dengan tema Digital Distruption: Tantangan dan Peluang Membanghn Pondasi Ekonomi Indonesia 2045.

Dalam paparannya, Sri Mulyani menilai pada 2045 Indonesia akan menjadi negara dengan pendapatan domestik bruto (PDB) terbesar kelima di dunia. Apapun yang dilakukan Indonesia akan mempengaruhi negara lain.

"Maka membangun fondasi yang tidak hanya baik untuk Indonesia, tapi di dunia," pungkasnya.

Baca: Ibu David NOAH Ungkapkan Anaknya Disiksa Gracia Indri Usai Operasi, Ditendang, Dicekik, Ditampar

Sementara itu, menanggapi pelemahan nilai tukar, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan hal itu tidak lepas dari perang dagang antara China dan Amerika Serikat.

"Sekarang dunia mengalami perubahan dunia sangat cepat, terutama policy dilakukan Amerika dan China berhubungan dengan masalah perdagangan," tambahnya.

Wanita yang disapa Ani ini menjelaskan, nilai tukar disebabkan banyak hal. Salah satunya terkait suku bunga internasional yang diumumkan bakal meningkat. Sementara untuk Indonesia, kondisi perekonomian diyakini akan tetap dalam kondisi yang sehat.

Baca: Acara Raffi Ahmad Dihentikan Usai Nagita Slavina Komentari Goyangan Ayu Ting Ting

"Tahun 2017 kenaikan suku bunga itu tiga kali dan kita tetap dapat menjaga perekonomian Indonesia, menjaga fondasi, tetap policy baik, komunikasi baik, maka akan menjaga confident, sehingga neraca pembayaran (dan) devisa maka akan terjaga dengan baik," tambahnya.

(Penulis : Kontributor Semarang, Nazar Nurdin/KOMPAS)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sri Mulyani: 2045, Apa Pun yang Dilakukan Indonesia Akan Pengaruhi Negara Lain"

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved