Berita Kotabaru

Ketua Organda Kotabaru Menolak UU Nomor 22 Tahun 2009 Direvisi

Undang-Undang membahas tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang akan mengakomodir sepeda motor sebagai transportasi

Ketua Organda Kotabaru Menolak UU Nomor 22 Tahun 2009 Direvisi
banjarmasinpost.co.id/salmah
Sepeda motor Yamaha matic 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Kesepakatan Komisi V DPR RI dengan Kementerian Perhubungan, rencana merevisi UU nomor 22 tahun 2009 bakal menuai banyak kontroversi. Bahkan di beberapa wilayah ada yang menyatakan revisi tersebut tidak perlu dilakukan.

Undang-Undang membahas tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang akan mengakomodir sepeda motor sebagai transportasi angkutan umum, bukan saja berpotensi menimbulkan polemeik antara penyedia jasa umum lainnya.

Namun revisi itu juga berpotensi meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas yang dapat mengganggu keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) khusus di Kabupaten Kotabaru.

Meski terkait rencana transportasi berbasis online dapat dianggap sebagai transportasi cepat dan efisien. Namun dinilai sepeda motor sebagai transportasi kurang layak dari aspek keselamatan untuk dijadikan angkutan umum.

Hal itu juga diungkapkan Ketua Organda Kotabaru Faruk Syahdan. Menurut Faruk, selaku ketua Organda menolak revisi UU nomor 22/2009, karena untuk pengangkutan penumpang jelas ada aturan dalam memberikan jaminan keselamatan kepada penumpang.

"Jelas ada syaratnya," tegas Faruk kepada banjarmasinpost.co.id, Rabu (11/4/2018).

Salah satu aspek keselamatan perlu diperhatikan, tambah Faruk, yang perlu diperhatikan yaitu, armada harus dengan ruang tertutup bukan terbuka.

"Jadi jangannya sepeda motor roda dua, roda tiga pun tidak ada," jelasnya.

Sebagai Organda, tambah Faruk keselamatan hal paling utama. Oleh sebab itu, bisa masuk menjadi alat angkut yang dilegalkan pemerintah.

"Jadi harus mengikuti aturan pemerintah.. Menjamin aman. Kalau saya lihat (revisi) bukan menjamin keselamatan, tapi hal praktis. Menambah masalah," ucap Faruk.

Halaman
12
Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help