Berita Regional

Bawa Sabu Senilai Rp 1,3 Miliar Dalam Pembalut, Perempuan Muda Dibekuk Usai tiba Dari Malaysia

Seorang perempuan muda berinisial IFW (25) kedapatan membawa sabu dalam pembalut wanita dan dijepit di antara kedua pahanya

Bawa Sabu Senilai Rp 1,3 Miliar Dalam Pembalut, Perempuan Muda Dibekuk Usai tiba Dari Malaysia
Daniel Andreand Damanik
Konferensi pers terkait penggagalan penyelundupan narkoba jenis sabu 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANDUNG - Seorang perempuan muda berinisial IFW (25) kedapatan membawa sabu di dalam pembalut wanita dan dijepit di antara kedua pahanya di Bandara Husein Sastranegra Bandung,  pekan lalu.

Sabu-sabu itu beratnya 665 gram bruto, perkiraan harganya Rp 1,3 miliar. Untuk memastikan barang itu sabu-sabu, di hari penangkapan sampelnya langsung dikirim ke Kantor Bea Cukai Jakarta, dan hasilnya positif narkoba.

"Selama tahun 2018, cara seperti ini sudah ketiga kalinya terjadi. Pelakunya merupakan warga negara Indonesia yang berasal dari Sumatera," kata Kepala Kantor Bea dan Cukai Bandung, Onny Yuar Hanantyoko, Kamis (12/4/2018).

Saat ditanya kepada IFW (25), dia mengaku bahwa yang berkomunikasi dengannya adalah seorang pria Warga Negara Nigeria yang memberikannya tiket pesawat menuju Malaysia untuk bertemu pria tersebut.

Baca: Prabowo Siap Jadi Capres, Ustaz Abdul Somad Malah Posting Foto Capres Ini

Dari hasil pemeriksaan awal terhadap IFW, ia baru pertama kali terbang ke luar negeri dilihat dari paspornya yang masih satu kali dicap Imigrasi.

"Saya hanya tiga hari di Malaysia, setelah itu ke Bandung membawa barang tersebut. Saya tidak diberikan upah, hanya dibelikan tiket pesawat," kata IFW.

Selanjutnya, kasus ini akan dilimpahkan kepada pihak Direktorat Reserse Narkoba Polda Jabar. Sedikitnya 4.655 jiwa terselamatkan dari bahaya penyalahgunaan narkoba tersebut.

Baca: Jessica Iskandar Pamit Mundur dari Pesbukers 1 Tahun, Duh Ayu Ting Ting Komentarnya Pedes

Akibat perbuatannya, pelaku diancam pasal 102 huruf e UU No 17 tahun 2006 tentang perubahan UU no 10 tahun 1995 tentang Kepabeanan dengan ancaman penjara paling singkat satu tahun dan paling lama 10 tahun, serta pidana denda paling sedikir Rp 50 juta dan paling banyak Rp 5 miliar.

Pasal lain yang akan diberikan ialah pasal 113 ayat (2) UU No 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman berupa hukuman mati, penjara seunur hidup, atau pidana penjara paling singkat lima tahun dan paling lama 20 tahun serta denda paling banyak Rp 10 miliar. (Daniel Andreand Damanik)

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Wanita Muda Selundupkan Sabu Senilai Rp 1,3 Miliar di Pembalut, Ditangkap di Bandara Husein

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help