Serambi Ummah

Hj Noorsehat : Generasi Berkualitas Hasil Teladan Baik Orangtua

Jangan sampai anak dibiarkan tumbuh tanpa sentuhan iman dan pembentukan karakter Islami dari orangtuanya

Hj Noorsehat : Generasi Berkualitas Hasil Teladan Baik Orangtua
salmah
Hj Noorsehat, mubalighah di Kota Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sangatlah penting peran ibu dan ayah dalam menyiapkan generasi berkualitas. Mulai dari memberikan asupan makanan dan nutrisi yang baik dan halal, mengajarkan ibadah, menanamkan nilai moral, menyekolahkannya.

Jangan sampai anak dibiarkan tumbuh tanpa sentuhan iman dan pembentukan karakter Islami dari orangtuanya. Karena bagaimanapun juga pendidikan utama berawal dari rumah.

Sebagaimana disampaikan Hj Noorsehat, mubalighah di Kota Banjarmasin, rumah adalah madrasah pertama bagi anak-anak dan orangtua adalah gurunya.

"Orangtua harus menjadi teladan bagi anak-anaknya. Ini yang dapat menciptakan generasi berkualitas," ungkapnya.

Keteladanan orangtua melalui ibadah wajib dan sunah. Mengajarkan mereka shalat, diawali dengan mengazankan anak ketika baru lahir agar ia merekam panggilan shalat untuk pertama kalinya.

Sebagaimana sebuah penelitian, mata bayi baru berfungsi melihat secara jelas adalah beberapa hari setelah ia lahir. Berbeda dengan telingamya, langsung dapat mendengar usai lahir.

"Jika ibu sudah habis nifas dan melakukan shalat. Letakan bayinya di dekat kita shalat. Ini memberikan pelajaran ibadah sejak dini," terangnya.

Ketika anak sudah besar, bangunkan ia tatkala subuh. Jangan membangungkan dengan alasan kalau tidak segera bangun maka akan terlambat sekolah.

"Itu menjadi alasan ia bangun. Bangun karena supaya bisa tiba di sekolah awal waktu. Padahal yang benar adalah bangunkan dengan mengingatkannya untuk menghargai waktu subuh, segera berwudhu. Dengan begitu akan menanamkan nilai keimanan," pesannya.

Kemudian biasakan makan bersama dan ajarkan tata cara makan yang benar sesuai syariah Islam. Berdoa mensyukuri nikmat Allah SWT. Berdoa setelah makan.

Halaman
12
Penulis: Salmah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved