Berita HSU

Isti Bupati HSU Siapkan Showroom Dekranasda Tampilkan Produk Masyarakat Bernilai Jutaan Rupiah

Hasil kerajinan tersebut diupayakan dapat dipamerkan di showroom Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) HSU.

Isti Bupati HSU Siapkan Showroom Dekranasda Tampilkan Produk Masyarakat Bernilai Jutaan Rupiah
banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati
Ketua Dekranasda HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid menunjukkan kursi dari eceng gondok 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melimpah tanaman eceng gondok, tak heran mengingat luasnya daerah rawa di kabupaten ini. Eceng gondok yang biasanya dianggap sebagai tanaman pengganggu ternyata bisa disulap oleh pengrajin HSU menjadi barang yang berkualitas memiliki harga tinggi.

Selain kerajinan eceng gondok banyak hasil kerajinan lain seperti dari rotan dan purun serta bamban. Hasil kerajinan tersebut saat ini tengah diupayakan dapat dipamerkan di showroom Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) HSU.

Ketua Dekranasda HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid mengatakan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan showroom Dekranasda atau galeri untuk menampilkan hasil kerajinan warga HSU.

Menggunakan bangunan yang ada di sekitar Pasar Rakyat Desa Muara Tapus Kecamatan Amuntai Tengah.

"Berbagai macam kerajinan bakal diletakkan di showroom Dekranasda, bjsa menerima penjualan baik dalam jumlah satuan atau jumlah banyak," ujarnya.

Baca: Semifinal Liga Champion Liverpool Vs AS Roma - Kembalinya Mohamed Salah ke Serigala Roma

Untuk membeli dalam jumlah banyak pihaknya juga telah bekerjasama dengan para pengrajin yang ada di HSU. Salah satu kerajinan yang telah tersedia adalah kursi dari rotan dan eceng gondok.

Kursi terbuat dari eceng gondok berharga jutaan, tergantung dari pemesanan model, jumlah dan ukurannya. Kursi terbuat dari eceng gondok ini saat ini telah ditempatkan di showroom Dekranasda. Bagi yang ingin memesan juga hanya diperlukan waktu sekitar satu minggu untuk pembuatan, dan kursi serta kerajinan lain juga telah dikirimbke berbagai daerah sepeerti Jakarta, Sulawesi dan Surabaya.

"Rencananya kami akan melakukan launching showroom Dekranasda dalam rangka Hari Jadi HSU pada 2018 mendatang," ungkapnya.

Baca: Semifinal Liga Champion Bayern Munchen Vs Real Madrid - Ada Dendam Semifinal 2013/2014

Terpisah Dewi warga sekitar mengatakan saat ini Pasar Rakyat memang masih belum difungsikan secara maksimal. Dengan adanya galeri Dekranasda di lingkungan Pasar Rakyat diharapkan menjadi daya tarik baru bagi warga untuk berkunjung sehingga meningkatkan perekonomian warga sekitar.

"Ada cukup banyak warung makan, kalau ramai kan banyak juga yang membeli dagangan warga sekitar," ungkapnya. (banjarmasinpost.co.id/nia)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved