Bumi Sanggam

Perguruan Teratai Putih Gelar Pertunjukan Untuk Lestarikan Silat Kuntau dan Bapukul

Untuk melestarikan seni kebudayaan silat kuntau dan bapukul, perguruan silat kuntau Teratai Putih Kabupaten Balangan

Perguruan Teratai Putih Gelar Pertunjukan Untuk Lestarikan Silat Kuntau dan Bapukul
istimewa
pertunjukan seni kebudayaan silat kuntau dan bapukul digelar perguruan silat kuntau Teratai Putih Kabupaten Balangan di Desa Tigarun Kecamatan Juai‬. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Untuk melestarikan seni kebudayaan silat kuntau dan bapukul, perguruan silat kuntau Teratai Putih Kabupaten Balangan menggelar pertunjukan di Desa Tigarun Kecamatan Juai‬.

Pertunjukan ini langsung disaksikan oleh Kepala Desa Tigarun ditemani oleh Ketua Perguruan dan Pelatih silat Kuntau teratai putih, serta murid datang dari Desa Baruh Panyambaran, Halong, Mauya, Buntu Karau, Sirap, Lalayau, Binjai Punggal dan ada beberapa desa lainnya.

Kepada banjarmasinpost.co.id, Ketua Perguruan, Saidi Munsi mengatakan, kesenian daerah ini, khususnya perguruan Teratai Putih berpusat di Desa Baruh Panyambaran Kecamatan Halong.

pertunjukan seni kebudayaan silat kuntau dan bapukul digelar perguruan silat kuntau Teratai

Putih Kabupaten Balangan di Desa Tigarun Kecamatan Juai (istimewa)

"Melalui pertunjukan ini semoga kesenian bakuntau selalu berkembang dan dapat selalu diterima dihati masyarakat," katanya.

Sedangkan Kepala Desa Tigarun, Ardin juga mengharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini dapat menambah wawasan, dan pengetahuan, khususnya pada kesenian daerah.

Sehingga menurutnya, kedepannya anak-anak muda kembali bisa mencintai dan melestarikan budaya-budaya tradisional yang hampir punah khususnya kesenian daerah silat kuntau ini.

Pelatih atau Guru Silat Kuntau Teratai Putih Jainorrahman menambahkan bahwasanya perguruan Teratai Putih ini sudah menyebar keseluruh desa yang ada di Kabupaten Balangan.

Yaitu di Desa Baruh Panyambaran, Tigarun, Mauya, Sirap, Buntu Karau, Lalayau, Halong, dan Tariwin.

"Saat ini yang masih aktif atau masih dalam tahap belajar yaitu di Desa Tigarun dan di Desa Lalayau yang beranggotakan terdiri laki-laki dan perempuan, baik dari tingkat anak-anak, remaja dan dewasa‬," pungkasnya.(*/aol)

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help