Yayasan Adaro Bangun Negeri

Serunya Siswa-siswi Bermain Sains di Stan Adaro pada Balangan Expo 2018

Kegiatan yang digagas Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) bersama guru-guru Kelas Lentera sebagai pendampingnya, Jumat (13/4/2018)

Serunya Siswa-siswi Bermain Sains di Stan Adaro pada Balangan Expo 2018
istimewa
Siswa-siswi kelas 4 dan 5 ini terlihat begitu antusias mengikuti intruksikan guru pendamping saat kegiatan kelas sains yang diadakan di stan milik PT Adaro Indonesia dalam Balangan Expo 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BALANGAN - Meski gerimis belum benar-benar reda, puluhan peserta kegiatan sains kelas lentera sudah tidak sabar memainkan kit sains yang dibawa oleh guru pendampingnya. Mereka adalah murid-murid dari SD IT Darul Fikri, Kabupaten Balangan.

Siswa-siswi yang terdiri dari kelas 4 dan 5 ini terlihat begitu antusias mengikuti intruksikan oleh guru pendamping saat kegiatan kelas sains yang diadakan di stan milik PT Adaro Indonesia dalam Balangan Expo.

Tawa riang anak-anak peserta mengikuti kegiatan memecah mendung yang sebelumnya menyelimuti langit banua sanggam, kegiatan yang digagas Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) bersama guru-guru Kelas Lentera sebagai pendampingnya, Jumat (13/4/2018) di bilangan Komplek Perkantoran, Kabupaten Balangan.

Siswa-siswi kelas 4 dan 5 ini terlihat begitu antusias mengikuti intruksikan oleh guru pendamping saat kegiatan kelas sains yang diadakan di stan milik PT Adaro Indonesia dalam Balangan Expo
Siswa-siswi kelas 4 dan 5 ini terlihat begitu antusias mengikuti intruksikan oleh guru pendamping saat kegiatan kelas sains yang diadakan di stan milik PT Adaro Indonesia dalam Balangan Expo (istimewa)

Pada kegiatan tersebut pengenalan pendidikan sains dilakukan dalam tiga sesi permainan yakni, permainan membuat fosil, membuat ketapel dengan alat sederhana dan sebuah percobaan untuk mengetahui apakah udara memiliki berat.

Kegiatan sains dibuka dengan permainan membuat fosil. Wajah penasaran terlihat dari ekspresi setiap peserta sesaat setelah menerima kit sains yang dibagikan oleh guru pendamping. "Ibu...Gimana cara buatnya ini?" tanya salah seorang peserta kegiatan.

"Pertama olesi kulit kerang dengan cairan khusus ini, kemudian buat cetakan dengan mencampur gibsun dengan air,” jelas guru pendamping mengintruksikan bagaimana membangun proyek sains sederhana yang sedang diuji coba oleh peserta.

Dengan cermat setiap peserta mengikuti intruksi yang dijelaskan. "Wah, ajaib!" teriak Nafis salah seorang peserta kelas 4.

"Sekarang kita diamkan beberapa saat lalu angkat kulit kerangnya, bagaimana apa yang terjadi?" tanya salah seorang guru.


Siswa-siswi dari kelas 4 dan 5 ini terlihat begitu antusias mengikuti intruksikan guru pendamping saat kegiatan kelas sains yang diadakan di stan milik PT Adaro Indonesia dalam Balangan Expo

"Ada cetakan bekas kulit Kerang, seperti fosil dinosaurus," teriak sejumlah peserta.

Halaman
12
Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help