Berita Kalteng

Gubernur Sugianto Berharap Ada Kebijakan Petani Kalteng Boleh Membakar Lahan Saat Kemarau Basah

Gubernur Kalteng, H Sugianto, Sabran, yang mengharapkan Pemerintah Pusat yang mengeluarkan kebijakan larangan tersebut

Gubernur Sugianto Berharap Ada Kebijakan Petani Kalteng Boleh Membakar Lahan Saat Kemarau Basah
faturahman
Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Keluhan banyaknya warga pinggiran kota atau daerah pedalaman Kalimantan Tengah yang saat ini mengaku takut membuka lahan dengan cara dibakar dilahan sendiri untuk mereka bercocok tanam, juga disampaikan Lukas Tingkes, pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) saat Musrenbang Kalteng, belum lama tadi.

Ini, juga mendapat perhatian Kalteng'>Gubernur Kalteng, H Sugianto, Sabran, yang mengharapkan Pemerintah Pusat yang mengeluarkan kebijakan larangan tersebut untuk meninjau ulang peraturan tersebut, sehingga diharapkan agar tetap membolehkan petani membuka lahan dengan cara membakar lahan saat musim kemarau basah.

Sugianto bahkan berharap, ada tokoh dayak yang menyampaikan secara langsung hal tersebut kepada Pemerintah Pusat, agar keluhan petani ladang berpindah di Kalteng bisa menyuarakan langsung keluhan mereka.

Baca: Jelang Barito Putera vs PSM Makassar - Ancaman dari Dua Sang Mantan, Agi Pratama Paling Bahaya!

"Saya sepakat jika memang ada kebijakan dari Pemerintah Pusat untuk membantu, petani kita , paling tidak bisa diizinkan membuka lahan dengan cara bakar pada saat kemarau basah dan dilarang membakar saat kemarau kering," ujarnya.

Pantauan di Palangkaraya, Minggu (15/4/2018) perkiraan BMKG Stasiun Tjilik Riwut, bahwa Bulan April 2018, Kalteng memasuki musim kemarau basah, benar adanya, karena meski dinyatakan masuk musim kemarau,masih saja turun hujan dengan intensitas rendah. www.banjarmasinpost.co.id/faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help