Berita Kalteng

Larangan Membakar Lahan Bikin Peladang Berpindah di Kalteng Susah Bercocok Tanam

Bulan April tahun 2018 ini, berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Satsiun Tjilik Riwut

Larangan Membakar Lahan Bikin Peladang Berpindah di Kalteng Susah Bercocok Tanam
istimewa via BANJARMASINPOST.co.id/mukhtar wahid
Ilustrasi - Manggala Agni berupaya memadamkan api yang membakar lahan di kawasan Pulausari, Kecamatan Tambangulang, Kabupaten Tanahlaut, Kalsel, Senin (31/7/2017) sore. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Bulan April tahun 2018 ini, berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Satsiun Tjilik Riwut Palangkaraya, memsuki musim kemarau.

Namun, kemarau yang terjadi dalam Bulan April 2018 ini merupakan musim kemarau basah yang dalam periode kemarau tersebut masih disertai dengan turunnya hujan meskipun dalam intensitas rendah.

Namun, pemerintah melarang para petani di Kalteng untuk membuka atau membersihkan lahan dengan cara dibakar, karena alasan musim kemarau jika dilakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar akan mengakibatkan kabut asap.

Larangan tersebut, diperkuat dengan ancaman pengenaan sanksi hukum kepada warga yang membuka lahan dengan cara bakar sehingga jika ada warga membakar lahan akan diproses hukum.

Baca: Arema FC vs Persib, Laga Super Big Match, Pekan Krusial Bagi Singo Edan dan Maung Bandung

Ini membuat warga pelosok di Kalteng, merasa kesulitan dalam berladang berpindah atau behuma, sehingga warga akhirnya mengalihkan pekerjaan mereka menjadi penambang emas tanpa izin di Sungai Kahayan.

"Saya sebenarnya dulunya suka berkebun, tapi setelah dilarang membuka lahan dengan cara dibakar dan yang nekat ditangkap, akhirnya beralih menjadi pencari emas di sungai, daripada kami perlahan mati ga ada makanan, inilah yang kami kerjakan," ujar Melki, salah satu warga Rakumpit, Mingggu (15/4/2018). (banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help