Berita Banjarmasin

Dinas Peternakan Minta Dukungan Dewan Bangun RPH Modern dengan ABPD Murni 2019, Ini Tujuannya

Idealnya pemotongan ayam di RPU Basirih ke depan sistem modern sehingga pemotongan ayam itu berlangsung cepat.

Dinas Peternakan Minta Dukungan Dewan Bangun RPH Modern dengan ABPD Murni 2019,  Ini Tujuannya
banjamasinpost.co.id/edi nugroho
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin Ir Lauhem Mahfuzi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN -  Ingin membangun rumah potong hewan (RPH) modern di kawasan Basirih, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin meminta bantuan DPRD setempat untuk memberikan dukungan penganggaran dana pada ABPD murni 2019 mendatang.

"Kita ngga bisa jalan sendiri membangun RPH modern tanpa ada bantuan dukungan penganggaran dari dewan. Kalau dianggaran di APBD perubahan 2018 ini sudah tak mungkin lagi karena waktunya terlalu mepet," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin Ir Lauhem Mahfuzi, Senin (16/4/18).

Lauhim mengakui fasilitas RPU itu masih perlu dibenahi. Idealnya pemotongan ayam di RPU Basirih ke depan sistem modern sehingga pemotongan ayam itu berlangsung cepat.

Pihaknya baru saja datang ke Jakarta untuk melalukann ekspose rencana pembuatan RPU Basirih modern pada 2018 mendatang di Dirjen Peternakan.

Baca: Baru Terungkap! Iklan Jempol Oke Dibeli TV Swasta Rp 1 Miliar, Tapi Hj Ida Dapat Rp 40 Ribu

Lauhim senang karena Banjarmasin termasuk lima provinsi di Indonesia yang mendapatkan bantuan pembenahan RPU tradisional ke RPU modern.

Dinas Ketahanan Pangan mengusulkan pembangunan RPU modern itu sebanyak Rp3 Miliar dan usulan tersebut malah disetujui Rp5 Miliar.

"Kementrian Peternakan menginginkan ada kepastian lahan RPU Basirih sebelum mengucurkan dana pembangunan RPU modern. Untuk lahan RPU Basirih tak perlu diragukan karena lahannya mencapai 7 hektare. Kita perlu dukungan dana pedamping dari APBD 2019 meski ada dana kucuran dari pusat," katanya.

Baca: Bukit Timah, Benteng Pertahanan Pejuang Kemerdekaan Kedua di Tanahlaut Setelah Gunung Bajuin

Ditambahkannya, Dirjen Peternakan copy sertifikat lahan RPU Basirih agar saat pengucuran dana pembangunan RPU itu tak ada masalah nantinya. Kementrin juga minta proposal pembuatan RPU modern itu harus dana pendamping dari ABPD kota Banjarmasin.

Menurutnya, Detail Engineering Design (DED) pembangunan RPU modern akan menggunakan dana ABPD 2019 mendatang. Dengan pembangunan RPU modern pada 2019 mendatang, maka Kota Banjarmasin bisa dengan tegas menerapkan perda No 1 Tahun 2011 tentang pemotongan unggas. (banjarmasinpost.co.id/ogi)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved