Ekonomi dan Bisnis

Indonesia Naik Kelas Peringkat Investasi, Begini Analisanya

Miliki harapan stabilitas perekonomian yang baik, Indonesia naik kelas di sisi keandalan hutang jangka panjangnya.

Indonesia Naik Kelas Peringkat Investasi, Begini Analisanya
Achmad Maudhody
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalsel Harymurthy Gunawan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Miliki harapan stabilitas perekonomian yang baik, Indonesia naik kelas di sisi keandalan hutang jangka panjangnya.

Lembaga Pemeringkat investasi Moody's Investor Service (Moody’s) menaikkan peringkat rating hutang jangka panjang Indonesia dari Baa3 menjadi Baa2 dengan outlook stabil.

Dalam laporan yang dirilis Moody's, naiknya rating ini didasari pada penilaian kerangka kebijakan yang diterapkan di Indonesia sudah kredibel dan efektif sehingga dinilai mampu dukung stabilitas makroekonomi.

Meningkatnya cadangan devisa dan penerapan kebijakan fiskal dan moneter yang hati-hati juga memperkuat ketahanan dan kapasitas Indonesia dalam menghadapi resiko gejolak perekonomian eksternal.

Baca: Kronologi Kericuhan Penonton Arema FC vs Persib versi Manajemen Arema

Hal ini juga didukung dengan terjaganya fiskal defisit di bawah batas 3 persen yang telah diberlakukan sejak Tahun 2003 lalu.

Defisit fiskal yang dapat dipertahankan rendah ini mampu dicapai termasuk karena peran pembiayaan yang bersifat jangka panjang dapat menjaga beban hutang tetap rendah.

Karena itu beban utang tetap rendah dan kurangi kebutuhan aerta resiko pembiayaan.

Bank Indonesia satu dari pemeran besar dalam menjaga kestabilan makroekonomi di Indonesia juga melalui penerapan nilai tukar fleksibel dan koordinasi kebijakan antara Bank Indonesia dengan Pemerintah baik pusat maupun daerah dapat jaga inflasi di level cukup rendah dan stabil.

Dijelaskan Gubernur Bank Indonesia dalam rilis persnya, level rating Baa2 tersebut adalah capaian terbaik Indonesia yang pernah diberikan Moody’s.

Baca: Baru Terungkap! Iklan Jempol Oke Dibeli TV Swasta Rp 1 Miliar, Tapi Hj Ida Dapat Rp 40 Ribu

Dengan perbaikan rating ke level Baa2 oleh Moody’s, kini Indonesia telah diakui oleh empat lembaga rating Internasional berada satu tingkat lebih tinggi dari level investmen grade sebelumnya," kata Agus.

Menurutnya pencapaian ini merupakan prestasi besar ditengah masih berlanjitnya ketidakpastian ekonomi global yang pengaruhi perkembangan ekonomi di kawasan.

Walaupun dengan capaian ini, namun pihaknya berkomitmen untuk teris waspadai peningkatan resiko global san optimalkan bauran kebijakan termasuk lebijakan makroprudensial serta pendalaman pasar keuangan.

Dengan kebijakan tersebut dijadikan landasan utama bagi terciptanya pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat, berkelanjutan dan inklusif di Indonesia. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help