Berita Banjarmasin

Kata BMKG Soal Prediksi Musim Kemarau di Kalsel

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Seksi Pengolahan Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Klas I Kalsel Miftahul Munir.

Kata BMKG Soal Prediksi Musim Kemarau di Kalsel
BMKG
Prakiraan kecepatan dan arah angin. (BMKG) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Prediksi musim kemarau yang akan segera masuk ini ternyata berbeda beda tiap daerah.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Seksi Pengolahan Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Klas I Kalsel Miftahul Munir.

"Ya untuk masuk musim kemarau, tiap daerah beda beda dan sudah kami sudah petakan itu. Sebab sudah ada yang mulai masuk namun juga masih belum. Itu adalah sifatnya prediksi. Secara kseluruhan masih akan ada hujan sedang hingga ringan tapi, kalau kemarau secara keseluruhan di Kalselnya diperkirakan Agustus," kata Miftahul Munir.

Disebutkan dia, berdasarkan data, hingga akhir Februari 2018, kondisi suhu permukaan laut di perairan Indonesia, pada umumnya berada pada kondisi netral dengan anomali suhu berkisar -1 derajat selsius hingga satu derajat selsius.

Baca: Klasemen Pekan 4 Liga 1 2018, 16 April 2018 - Barito Putera vs PSM 2-1, Persela vs Bali United 1-1

"Namun Untuk Daerah dengan suhu permukaan Iaut relatif lebih hangat berada di perairan utara Sulawesi dan sekitar kepulauan Maluku yang anomali suhu permukaan Iautnya mencapai +1°C," urai dia.

Suhu permukaan laut di Indonesia selama Musim Kemarau 2018, karena itu diprakirakan sebagai berikut, di mana umumnya wilayah perairan Indonesia diprakirakan akan hangat hingga Juli 2018 dengan anomali suhu berkisar 05°C sampai +2“C.

Baca: Link Live Streaming RCTI Grand Final Indonesian Idol 2018 Jam 9 Malam Ini, Maria atau Abdul?

Kedua, Wilayah perairan Indonesia Iainnya seperti Sumatera bagian utara diprakirakan akan cenderung normal dengan anomali suhu permukaan Iaut berkisar antara -0.5°C s.d‘ 05°C.

Jadi, berdasarkan data awal musim kemarau 2018 di Zona Musim (ZOM) Kalimantan Selatan diprakirakan mulai Mei II Agustus ll.

Apabila dibandingkan dengan rata-rata awal musim kemarau periode 1981 -2010, maka awal musim kemarau 2018 diprakirakan 1 ZOM maju (lebih cepat) dari rata ratanya, 6 ZOM sama dengan rata ratanya, dan 5 ZOM mundur (lebih Iambat) dari rata ratanya. (Banjarmasinpost.co.id/Huda).

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help