B Focus Urban Life

Mendukung Program Pemerintah Mewujudkan Smart City

Menurut Iphan F Radam, akademisi Fakultas Teknik ULM. keberadaan feri penyeberangan sebenarnya sangat membantu

Mendukung Program Pemerintah Mewujudkan Smart City
BPost Cetak
Tidak bisa bangun jembatan, setidaknya tetap perlu peran pemerintah untuk membantu warganya, baik yang memiliki usaha jasa feri maupun yang memerlukan jasa ini. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menurut Iphan F Radam, akademisi Fakultas Teknik ULM. keberadaan feri penyeberangan sebenarnya sangat membantu untuk mengurangi pembebanan lalu lintas di darat karena terbatasnya pembangunan jembatan.

Oleh karena itu, perlu diperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi agar feri penyeberangan tersebut tetap menjadi pilihan masyarakat.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 39 Tahun 2015, sudah jelas menetapkan standar pelayanan angkutan sungai dan penyeberangan.

Baca: Pemerintah Tidak Mampu Bangun Jembatan, Jasa Feri Bermunculan, Sehari Bisa Dapat Rp500 Ribu

Setidaknya, harus memperhatikan keselamatan, keamanan, keandalan atau keteraturan, kenyamanan, kemudahan atau keterjangkauan, dan kesetaraan.

Beranjak dari peraturan tersebut, tentunya perlu peran serta pemerintah sebagai regulator untuk mengatur dan mengawasi operasional feri tersebut agar dapat melayani dengan maksimal.

Baca: Bikin Baper, Cara Syahnaz dan Jeje Govinda Bertemu Meski Dipingit Jelang Pernikahan 21 April Nanti

Bentuk konkritnya adalah izin operasi yang penerapannya dapat secara bertahap.

Dari beberapa penelitian, tanggapan masyarakat pengguna feri terhadap pelayanan feri ini menghendaki feri tersebut dapat menjamin keamanan, kenyamanan, kondisi yang bersih, cara pembayaran yang mudah, waktu penyeberangan yang cepat dan tersedia setiap saat (terjadwal).

Baca: Wah Syahrini Terbang ke Romania Demi Pemotretan, Loh Malah Heboh Foto Anehnya

Kehendak masyarakat ini secara tidak langsung menginginkan adanya perbaikan baik operasional maupun bentuk dari feri itu sendiri.

Feri yang menarik akan membuat pengguna jasa menjadi merasa nyaman menggunakan. Selain itu, tentunya akan mendukung program pemerintah untuk mewujudkan smart city.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help