Lapor Mang

Pak Bupati dan Distamben Tolong Tutup Tambang Tanpa Izin Batu Putih di Padang Batung HSS

Kami Masyarakat Desa Madang, Cagur/Galuntang, memohon tutup saja kegiatan tambang batu putih tanpa izin.

Pak Bupati dan Distamben Tolong Tutup Tambang Tanpa Izin Batu Putih di Padang Batung HSS
banjarmasinpost.co.id/faturahman
ILustrasi- Salah satu lokasi tambang galian C di Pinggiran Kota Palangkaraya yang mengalami kerusakan akibat belum ada upaya reklamasi kawasan.(faturahman) 

HULU SUNGAI SELATAN - Yth. Plt. Bupati HSS, Camat Padang Batung, Kapolsek, Koramil serta instansi terkait Dinas Pertambangan. Kami Masyarakat Desa Madang, Cagur/Galuntang, memohon tutup saja kegiatan tambang batu putih tanpa izin.

Sebab jalan desa Kami rusak parah dan penjagaan portal di wilayah RT02/RW10 ditabrak oleh mobil pengangkut Galian C dengan sengaja yang sampai sekarang tidak diperbaiki.

Kata bosnya mereka punya beking Aparat. Kami mohon tutup saja tambang batu putih yang tidak punya izin ini, karena marusak jalan dan lingkungan serta merugikan masyarakat banyak. 085248990461

Hilir Mudik Angkut Tambang
HULU SUNGAI SELATAN - Dinas Pertambangan Provinsi Kalsel Tolong tutup tambang galian C di Desa Madang Kec. Padang Batung yang tidak ada izin, karena merusak jalan dan lingkungan sekitarnya. Hari ini saja, ada 7 buah truk hilir mudik mengangkut tambang galian C batu putih.

Kalau Dinas terkait manguntrul, jangan pas buruhnya kada bagawi karena Kadesnya mahuluakan manambang jua. Kami, masyarakat Madang memohon tutup saja tambang tanpa izin di Desa Madang. Terima kasih. 081253610728

TANGGAPAN:

Gunawan Harjito Kabid Minerba Distamben Kalsel
Gunawan Harjito Kabid Minerba Distamben Kalsel (ist)

SEJAK tahun 2017 dan 2018 Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Selatan telah melakukan peninjauan lapangan dan memberikan sosialisasi dan pembinaan secara persuasif terhadap pelaku pertambangan manual batu gamping di Desa Madang agar tidak melakukan pertambangan tanpa izin.

Kemudian, kegiatan peninjauan lapangan selalu melibatkan aparat desa setempat dengan harapan agar dapat memberikan arahan secara kontinyu terhadap pelaku usaha pertambangan yang dilakukan masyarakat setempat, yang pada dasarnya kegiatan penambangan harus memiliki izin usaha pertambangan dengan memperhatikan aspek lingkungan hidup, ekonomis, tata ruang dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sedangkan terkait aktivitas pengangkutan batu gamping yang melebihi kapasitas maksimal jalan dan jembatan yang dilaluinya, kami mengimbau agar para pemangku kepentingan di daerah dapat berperan serta untuk melakukan upaya-upaya penertiban untuk menghindari semakin rusaknya infrastruktur di daerah tersebut.

Dinas ESDM akan selalu berupaya untuk meminimalkan kegiatan pertambangan tanpa izin di Provinsi Kalimantan Selatan dengan berbagai langkah dan strategi yang tentunya melibatkan seluruh komponen yang terlibat dalam pembinaan serta penegakan hukum dan aturan di bidang Pertambangan Mineral dan Batubara.

Demikian yang dapat kami sampaikan, terima kasih atas perhatian dan informasinya.

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved