Berita Kalteng

BPN Kalteng Targetkan 140 Ribu Bidang Tanah Sertifikasi Lahan Gratis Tahun Ini

BPN Kalteng menargetkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2018 seluas 140 ribu bidang tanah.

BPN Kalteng Targetkan 140 Ribu Bidang Tanah Sertifikasi Lahan Gratis Tahun Ini
tribunkalteng.com/faturahman
Puluham warga Palangkaraya, melaporkan kasus tumpang tindih lahan di Jalan Chandra Buana Kelurahan Langkai Kecamatan Pahandut Palangkaraya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kalimantan Tengah, menargetkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2018 seluas 140 ribu bidang tanah secara gratis untuk masyarakat setempat.

Program tersebut, lebih banyak dari pelaksanaan tahun 2017 yang lalu dengan menargetkan mencapai 79.500 bidang, namun ternyata target tersebut belum juga tercapai, karena alasan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan terlambat cairnya.

Kabid Pengukuran Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kalteng, Budhi Sutrisno, Selasa (17/4/2018) mengungkapkan, target tahun 2017 memang tidak tercapai, lantaran pencairan anggarannya telat, sehingga petugas belum bisa optimal dalam pelaksanaan kegiatan tersebut di lapangan.

Baca: Menurut Ustadz Abdul Somad di Malam Nisfu Sya’ban Allah Mengampuni Dosa Hamba-Nya Kecuali 2 Ini

"Tahun ini, memang targetnya lebih besar dari tahun sebelumnya, sehingga tahun ini juga dalam pelaksanaan pengukuran untuk pembuatan sertifikat dibantu oleh pihak ketiga yang dipioih berdasarkan hasil pelelangan," ujarnya.

Namun sebut dia, dalam pembuatan sertifikat tersebut, untuk peningkatan dari status dari yang awalnya surat keterangan tanah menjadi sertifikat surat-surat tanah harus lengkap dan tidak bermasalah atau tidak tumpang tindih.

Sementara itu, beberapa warga Palangkaraya, mengatakan, pihaknya tidak ingin dalam pembuatan sertifikat tanah rersebut dipungut biaya diluar ketentuan, karena selama ini masih ada saja pugutan liar dalam pembuatan sertifikat maupun pembuatan SKT.

"Jika ketentuannya gratis, harus benar-benar gratis, jangan ada pungutan lagi diluar ketentuan yang berlaku," ujar Hilman, warga Jalan Rajawali Palangkaraya. (www.banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help