Bumi Selidah

Hebat! Tim Batola Boyong Dua Penghargaan di Pekan HUT Ke-43 Taman Mini Indonesia Indah

Pemerintah Kabupaten Batola, melalui Sanggar Permata Ijejela selain menampilkan busana sasirangan Kalsel yang memukau, melainkan

Hebat! Tim Batola Boyong Dua Penghargaan di Pekan HUT Ke-43 Taman Mini Indonesia Indah
Tim kesenian Batola yang tampil di TMII. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN- Kabar gembira berhembus ke Pemerintah Kabupaten Barito Kuala Kalsel di acara pembukaan Pekan HUT ke 43 TMII (Taman Mini Indonesia Indah), Minggu (16/4) kemarin.

Bagaimana tidak, tampil menjadi satu dari empat perwakilan Kalsel di Carnival Sasirangan HUT ke 43 TMII baru tadi, mereka pun berhasil membawa pulang dua penghargaan sekaligus.

Penghargaan itu yakni juara satu untuk kategori penata busana, serta juara terbaik nasional untuk kategori penyaji unggulan pada Carnival Sasirangan Kalsel di TMII Jakarta Timur.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Batola, melalui Sanggar Permata Ijejela selain menampilkan busana sasirangan Kalsel yang memukau, melainkan juga tarian Mahelat Lebo khas Barito Kuala.

Mereka bersaing dengan 27 peserta yang mewakili masing-masing provinsinya dalam Carnival Sasirangan HUT ke 43 TMII TMII Anjungan Sasono Utomo Jakarta Timur, Minggu tadi.

Sementara Bupati Barito Kuala, Hj Noormiliyani saat dikonfirmasi terkait dua prestasi membanggakan tersebut mengaku sangat bersyukur.

Bupati Batola, Hj Noormiliyani (paling kanan).
Bupati Batola, Hj Noormiliyani (paling kanan). ()

Ia juga berterimakasih kepada pemerintah provinsi Kalsel yang telah memberikan kepercayaan kepada pihaknya dalam mewakili Carnival Sasirangan Kalsel di HUT ke 43 TMII Anjungan Sasono Utomo Jakarta Timur, Minggu tadi.

" Alhamdulillah, berkat Kuasa Allah SWT, Kabupaten Barito Kuala bisa membawa pulang dua penghargaan. Mudah-mudahan dengan ini, bisa menjadi semangat kami untuk terus melestarikan budaya daerah," ungkapnya.

Didaulat sebagai sponsor utama Hari Ulang Tahun ke 43 Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta, Provinsi Kalimantan Selatan, mengawali dengan tampilan memukau pada Pembukaan Pekan HUT ke 43 TMII, di Pendopo Sasono Agung TMII Jakarta, Minggu (15/04/2018).

HUT TMII yang bertema Taman Mini "Indonesia Indah" Wajah Budaya Indonesia, Sub Tema: Seni Diusung, Budaya Dijunjung, Banua Bauntung yang bermakna kerja bersama membesarkan budaya dibuka Ketua MPR RI Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan berlangsung meriah meski sempat diguyur hujan.

Tim kesenian Batola.
Tim kesenian Batola. ()

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan mengatakan bahwa keberadaan TMII ini merupakan pusat peradaban, budaya dan pembelajaran bagi masyarakat Indonesia.

Zulkifli memuji busana dari kain sasirangan yang ia kenakan.
"Saya mengucapkan terima kasih kepada sponsor utama HUT TMII ini, Sasirangannya keren, ini merupakan ajang promosi daerah di tingkat nasional" kata Zulkifli dalam sambutannya.

Sementara itu Wakil Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan, mengungkapkan Kalsel yang diberi kesempatan menjadi sponsor utama HUT TMII dapat memperkenalkan kekayaan, keragaman budaya yang terbentuk dari interaksi dan asimilasi berbagai suku dan agama di Kalsel.

Wagub juga berharap pegelaran seni dan budaya dari Kalsel yang ditampilkan pada HUT TMII dapat menjadi hiburan bagi masyarakat dan memperkaya kebudayaan dan kesenian Indonesia

Pada HUT TMII ini Kalsel menampilkan Carnival Sasirangan yang diikuti oleh empat Kabupaten Kota yakni Banjarbaru, Banjarmasin, Tabalong dan Barito Kuala.

Carnival sasirangan ini mendapat perhatian para undangan yang berhadir apalagi carnival sasirangan ini mengusung dari beberapa tokoh legenda sejarah Kalsel seperti Pangeran Surianata, legenda Datu Aling dan Baarak Naga serta kekhasan Kalsel lainnya yang tergambar pada pakaian yang dikenakan oleh peserta carnival sasirangan. (BAJNARMASINPOST.co.id/aol)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help