Berita Tanahbumbu

PUPR Tanahbumbu Programkan 1000 WC Gratis, Warga Berebut Ingin Daftar Pembuatan Toilet

Beberapa hari belakang, ada kabar pemasangan WC gratis dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tanahbumbu.

PUPR Tanahbumbu Programkan 1000 WC Gratis, Warga Berebut Ingin Daftar Pembuatan Toilet
man hidayat
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tanahbumbu Roy Rizali Anwar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Beberapa hari belakang, ada kabar pemasangan WC gratis dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tanahbumbu. Warga pun mempertanyakan kebenaran informasi tersebut.
Riah satu warga di Pagatan sempat mendengar kabar itu.

Dia pun mencoba untuk mencari tahu kebenaran informasinya. Sebab, bila itu benar, terang saja dia hendak mendaftarkan diri untuk membuat WC atau toilet gratis.

"Kalau benar bagaimana cara daftarnya. Karena untuk membuat sendiri tapi tidak mampu dan tidak memiliki uang untuk membangun sendiri, " katanya.

Dia begitu berharap bisa ikut di program pemerintaj tersebut. Sebab, selama ini, dia hanya memiliki jamban yang langsung turun ke sungai dan harus keluar rumah bila hendak buang air besar.

Baca: Klik snmptn.ac.id Pengumuman SNMPTN 2018, Ini Langkahnya

Baca: Ini Pelaku Penusukan Terapis Cantik Salon Banjarbaru, Wajahnya Dikenali Ayah Korban

Terkait informasi tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tanahbumbu, Roy Rizali Anwar, Selasa (17/4/18) tidak membantah kabar tersebut. Saat ini, mereka tengah melaksanakan program usulan air limbah sanitasi.

Program tersebut sebenarnya merupakan program pemerintah pusat namun saat ini menggunakan dana talangan APBD. Setelah selesai baru akan diganti pemerintah pusat melalui dana APBN.

"Usulan air limbah sanitasi yang diprogramkan ada sebanyak 1.050 unit dengan sasaran rumah tangga miskin, " katanya.

Program itubakan dibuatkan WC untuk limbah BAB agar tidak sembarangan lagi. Dimana satu unitnya dianggarkan sebesar Rp 3 juta untuk pembangunanan. Namun itu semua dibiayai pemerintah agar semuanya memiliki WC yang standar.

Baca: 12 Link Alternatif Pengumuman SNMPTN 2018 Pukul 17.00, Klik di Sini

Baca: Ini Identitas Mantan Pacar Terakhir Karyawan Salon Banjarbaru yang Tewas Ditusuk

"Hanya saja, saat ini masih dalam tajapan verifikasi mana yang layak menerima bantuan dan mana yang tidak. Akan ada tim verifikasi untuk kelayakam penerima bantuan tersebut, " katanya.

Sebab itu tidak semuanya bisa mendapatkan progran tersebut. Saat ini memang jumlah tersebut menjadi target, akan tetapi tetap menyesuaikan lokasi yang ada. "Pemerintah mengeluarkan anggaran sekitarb3 miliar agar semua masyarakat memeiliki WC standar Nasional Indonesia (SNI), " katanya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help