Pilkada Tanahlaut 2018

Penghuni Rutan Pelaihari Diverifikasi Disdukcapil Tanahlaut, Ini Tujuannya

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanahlaut melakukan perekaman dan pemotretan bagi warga binaan

Penghuni Rutan Pelaihari Diverifikasi Disdukcapil Tanahlaut, Ini Tujuannya
BANJARMASINPOST.co.id/mukhtar wahid
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dusdukcapil) Kabupaten Tanahlaut melakukan perekaman dan pemotretan bagi warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Pelaihari, Rabu (18/4/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanahlaut melakukan perekaman dan pemotretan bagi warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Pelaihari, Rabu (18/4/2018).

Sejak pukul 09.00 Wita hingga petang, sebanyak empat petugas Disdukcapil Kabupaten Tanahlaut bergantian melakukan verifikasi data kependudukan warga binaan.

Informasi dihimpun Banjarmasinpost.co.id, verifikasi data kependudukan itu kali pertama dilaksanakan Disdukcapil Kabupaten Tanahlaut atas permohonan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanahlaut.

Rutan Pelaihari merupakan tempat pemungutan suara nomor delapan di wilayah Jalan A Syairani, Kelurahan Saranghalang, Kecamatan Pelaihari.

Baca: Digantung pada 2006, Misteri Saddam Hussein Masih Terus Hidup, Beredar Video Jasadnya Masih Utuh

Baca: Beredar Video Pengakuan Pembunuh Terapis Salon Cantik di Banjarbaru, Terakhir Kena Dada

Baca: Jitu Ramal Daus Mini, Begini Kata Mbah Mijan Kondisi Sebenarnya Nagita Slavina dan Ayu Ting Ting

Hasil penelusuran daftar pemilih sementara, sekitar 300 lebih pemilih sebagian warga binaan belum memiliki nomor induk kependudukan atau NIK.

Namun, setelah dilakukan penelusuran oleh petugas Disdukcapil, sebagian besar sudah memiliki fotokopi KTP dan Kartu Keluarga. Sebagian kecil belum memiliki KTP elektronik karena belum melakukan perekaman.

Satu narapidana yang berasal dari Kecamatan Kurau, belum melakukan perekaman KTP elektronik karena mutasi dari Lembaga Pemasyarakatan di Telukdalam, Kota Banjarmasin.

"Saya menjalani vonis 11 tahun penjara kasus perkelahian karena lawan saya tewas," katanya.

Sumarmo, petugas Rutan Pelaihari membenarkan bahwa kegiatan Disdukcapil Kabupaten Tanahlaut itu itu kali pertama dilaksanakan dalam kaitan melakukan verifikasi data kependudukan warga binaan.

"Saya sudah meminta agar mereka memfotokopi KTP dan Kartu Keluarga. Itu juga berguna bagi para warga binaan saat mengajukan persyaratan cuti bersyarat atau pembebasan bersyarat," katanya.

Anggota KPU Kabupaten Tanahlaut, Tri Widoyati membenarkan bahwa verifikasi yang dilaksanakan Disdukcapil itu atas permohonan pihaknya karena dari sistem data informasi pemilih ada yang belum terdata.

"KPU hanya memastikan saja data di DPS dengan pemilih di Rutan Pelaihari karena dikatakan jumlah pemilihnya mencapai 300 pemilih. Ini masih dalam penelusuran sebelum ditetapkan dalam DPT," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help