Menguak Sulap Bahan Bekas di Negara

Pesawat Jatuh Pun Bisa Jadi Sendok! Disulap Bisa Pengkor Lalu Jadi Alat Ini

Karena begitu terkenalnya, bahasa unik untuk wilayah Nagara sering muncul baik dari warga asli Nagara maupun warga luar Nagara

Pesawat Jatuh Pun Bisa Jadi Sendok! Disulap Bisa Pengkor Lalu Jadi Alat Ini
aprianto
Kreatifitas olahan logam di Desa Panggandingan, Hulu Sungai Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Kreativitas masyarakat Nagara yang meliputi tiga kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) sudah dikenal sejak dulu.

Berbagai kerajinan tangan ada di wilayah Nagara baik di Kecamatan Daha Selatan, Daha Utara dan Daha Barat. Seperti baling-baling kapal, wajan aluminium, sendok, pandai besi, dapur besi, rangsangan, ceper dan kerajinan lainnya.

Karena begitu terkenalnya, bahasa unik untuk wilayah Nagara sering muncul baik dari warga asli Nagara maupun warga luar Nagara.

Baca: Digantung pada 2006, Misteri Saddam Hussein Masih Terus Hidup, Beredar Video Jasadnya Masih Utuh

Baca: Penting! Jika Tak Lolos SNMPTN 2018 Jangan Sedih, Masih Ada Seleksi Bersama, Klik sbmptn.ac.id!

Baca: SNMPTN 2018 Sudah Lewat! Ada 5 Alternatif Masuk Perguruan Tinggi, Klik pendaftaran.sbmptn.ac.id

"Kalau sudah ngomongin Negara, Pesawat jatuh di sini bisa jadi sendok, besi pengkor bisa disulap jadi tempat masak," kata Saudin, Warga Nagara, Kemarin.

Bahasa yang muncul itu, dikatakannya sudah biasa dan sebagai kiasan diucapkannya karena kreatifitas warga Nagara dalam memanfaatkan bahan bekas menjadi bahan bernilai ekonomis.

Saking terkenalnya kreatifitas warga Nagara, dikatakannya bahwa banyak masyarakat di sini yang memiliki kerajinan turun temurun dari keluarganya.

"Bila kita belanja barang kerajinan seperti dapur, sendok, wajan aluminium di pasar-pasar. Tidaklah heran bila pedagang ditanya asal barang dijawabnya berasal dari Nagara," lanjutnya. (BANJARMASINPOST.CO.ID/Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved