Bawaslu Kalsel Sebut Suket Pun Harus Terdaftar Dalam DPT

- Empat kabupaten pelaksana pilkada (Tapin, Tala, Tabalong, dan HSS) KPU akan melaksanakan pleno penetapan DPT tanggal 19 April 2018.

Bawaslu Kalsel Sebut Suket Pun Harus Terdaftar Dalam DPT
tribun jabar
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Empat kabupaten pelaksana pilkada (Tapin, Tala, Tabalong, dan HSS) KPU akan melaksanakan pleno penetapan DPT tanggal 19 April 2018.

Menurut Ketua Bawaslu Kalsel, Iwan Setiawan, memang data masih terus diusahakan untuk mendapatkan KTP-El atau minimal Surat keterangan (Suket) yang menerangkan bahwa KTP-El dalam proses perekaman atau menunggu fisiknya.

Jadi walau belum mempunyai KTP-El /Suket, kata dia, tetap harus dimasukan dalam DPT dengan catatan KPU harus menjamin orang tersebut KTP-El-nya dibuatkan dan sudah tersedia saat hari pemungutan suara.

"Diharapkan yang benar-benar mendapatkan KTP-El /Suket adalah warga yang memang sudah bermukim lama di wilayah tersebut," ujarnya.

Baca: Kisah Siswi SMA Rela Jual Keperawan Rp 1,5 Juta ke Mahasiswa untuk Ganti Uang di Sekolah

Bagi pendatang minimal sudah menetap di wilayah tersebut selama enam bulan, dan ada surat keterangan pindah dari daerah asal.

Baca: Wow! THR Juga Gaji ke-13 PNS dan Pensiunan Tahun Ini Lebih Besar, Simak Jumlahnya

Dikhawatirkan banyak warga tak mempunyai KTP-El, padahal mereka mempunyai hak pilih, tak bisa memilih. Ini bisa menimbulkan protes dan gejolak kerawanan saat pemungutan suara.

Terkait peta kerawanan konflik terkait KTP-El yakni menyangkut di daerah pergunungan, pertabatasan dan daerah terpencil, ituakan menjadi masalah.

Bukan tidak mungkin beberapa pendukung kalah dan akan menyoal mereka tidak bisa memilih karena menyangkut persoalan KTP-El.

Baca: Habis Dipijat Plus Plus, Anang Merasa Kelelahan, Andai Cantik Pasti Lebih Puas

Bisa menggugat kemenangan calon yang lain.

Untuk membuat keterangan, sudah bisa dimulai dilakukan.

Meskipun mau pemilihan dengan menujukkan surat keterangan bisa memilih dengan syarat menunggu surat suara lebih dan mendahulukan yang di Daftar Pemilih tetap lebih dulu. (*)

Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help