Berita Banjarmasin

Ini Kata KPU Kalsel Soal DPT di Empat Kabupaten untuk Pilkada yang Belum Teregistrasi

Untuk mengatisipasi tidak tercovernya Pemilih dari di luar Daftar Pemilih Sementara (DPS), masih terus dilakukan oleh Petugas

Ini Kata KPU Kalsel Soal DPT di Empat Kabupaten untuk Pilkada yang Belum Teregistrasi
SERAMBINEWS.COM
pemilu pencoblosan pilkada 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Persoalan Masalah Daftar Pemilihan Tetap (DPT) Komisioner KPU Kalsel, Nurkholis Majid menjelaskan bahwa petugas kami di lapangan masih terus bergerak.

"Kami masih pastikan di lapangan melalui petugas Pantarlih untuk legislatif. Kalau untuk pemilukada di empat kabupaten kota ini sudah ditetapkan hari ini," kata Nurkholis Majid, Kamis (19/4/2018).

Untuk mengatisipasi tidak tercovernya Pemilih dari di luar Daftar Pemilih Sementara (DPS), masih terus dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang diambil dari warga sekitar Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau desa itu.

Adapun syarat menjadi pemilih adalah waraga yang terdaftar di kecamatan itu yang mana artinya yang memiliki hak adalah yang memiliki KTP Elektronik (KTP El), namun kemudian apabila warga tidak memiliki KTP elektronik boleh menggunakan surat keterangan yang dikeluarkan oleh Disdukcapil. Artinya ada dua piranti KTP el dan surat keterangan. Bentuknya menyerupai HVS.

Baca: Masih Menjadi Misteri, Dimanakah Jasad Saddam Husein Berada?

Mengantisipasi agar tidak teregister, sambung dia, panitia di KPU meminta warga yang bersangkutan untuk meregister ke Disdukcapil baru kemudian muncul NIK yang dimiliki. Jangan sampai kemudian jangan sampai nanti ada NIK tapi tidak bisa memilih dan dipastikan NIK tersebut juga bukan warga di luar empat kabupaten.

Masih menurut Nurkholis, data ini masih bergerak terus, karena itu namanya masih DPS, sehingga untuk DPT, hingga kemuidian ada DPT Tamabahan.

Adapun Ketua KPU Kalsel, Samahuddin Muharam menambahkan hari ini sudah ditetapkan. Namun jika ada waga yang belum tercover nanti dimasukkan di DPT Tambahan.

"Nanti penetapan DPT akan diserahkan ke PPK sampai dengan PPS. PPS nanti akan mengumumkan mulai 29 April sampai 27 Juni. Jadi kalau ada masyarakat yang tidak masuk namanya di DPT bisa menghubungi PPS setempat," kata Samahuddin Muharam.(banjarmasinpost.co.id/huda).

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help