Pilkada HSS 2018

Waduh, Ribuan Pemilih di Hulu Sungai Selatan Ternyata Belum Miliki KTP Elektronik

Data pemilih tetap (DPT) empat wilayah yang melaksanakan pemilihan kepala daerah (Tablong, HSS, Tapin dan Tanah Laut– diputuskan paling

Waduh, Ribuan Pemilih di Hulu Sungai Selatan Ternyata Belum Miliki KTP Elektronik
net
Ilustarsi

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Data pemilih tetap (DPT) empat wilayah yang melaksanakan pemilihan kepala daerah (Tablong, HSS, Tapin dan Tanah Laut– diputuskan paling lambat Kamis (19/4/2018).

Namun, hingga kemarin kepastian DPT di empat kabuten tersebut masih belum juga fixed.

Bahkan, di kabupaten HSS, hingga per 5 April 2018, ada ribuan orang yang memiliki hak pilih masih belum memiliki kartu tanpa penduduk (KTP) elektronik.
Kondisi ini pun membuat Disdukcapil HSS harus bekerja keras mengejar kekurangan tersebut.

Informasi yang diperoleh harian ini, ada sekitar 2.800 KTP elektronik yang harus dikejar dan harus dicetak mulai dari 5 April 2018.

Data itu pun sudah melalui proses konversi pencocokan dengan KPU. Sementara KPU setempat menemukan sekitar 5.700 pemilih belum memiliki dokumen KPT-El.

Ardiansyah, Kadisdukcapil Provinsi Kalsel, dikonfirmasi BPost, Rabu (18/4), menjelaskan bahwa data di HSS itu sudah bergerak dan sudah dinamis tereliminasi.

Diakuinya dari pencocokan di lapangan ada orangnya namun tidak punya KTP. Ternyata dari 5.700 orang yang belum KTP-El versi KPU, sebanyak 1.500 orang sudah dicetak KTP-El nya.

Sekitar sekitar 2.000-an sudah diproses dan 2.800-an KPT-El masih dikejar.

“Disdukcapil HSS masih mengejarnya untuk direkam. Jadi belum kita terima laporan terbaru, Saya kira sudah waktunya harus bisa klop. Posisinya bergerak dinamis dan itu ada di posisi pada 5 April," terang Ardiansyah.

Kondisi yang sama juga terjadi Kabupaten Tabalong berdasar catatan KPU warga yang belum memiliki dokumen KTP-El sebanyak 2.500-an. Namun menurut data disdukcapil setempat, warga yang belum memiliki KTP-El hanya tersisa 26 orang.

Halaman
123
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help