Advertorial

PDAM Intan Banjar Mengimbangi Kemajuan Kota Banjarbaru

Pemerintah Kota Banjarbaru, terus mengupayakan dan menjaga ketersediaan air bersih untuk masyarakatnya.

PDAM Intan Banjar Mengimbangi Kemajuan Kota Banjarbaru
PDAM Intan Banjar
Pekerjaan pemasangan jaringan perpipaan yang dilakukan PDAM Intan Banjar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Air bersih merupakan suatu kebutuhan masyarakat sehari-hari. Peran pemerintah dalam menyediakan air bersih bagi masyarakatnya adalah sangat mutlak.

Pemerintah Kota Banjarbaru, terus mengupayakan dan menjaga ketersediaan air bersih untuk masyarakatnya. Menjalin kerja sama dan melakukan penyertaan modal kepada PDAM Intan Banjar, merupakan salah satu langkah yang dilakukan Pemko Banjarbaru untuk menyediakan air bersih bagi masyarakat.

Di sisi lain, guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru, PDAM Intan Banjar terus berupaya agar kuantitas, kualitas, kontinuitas serta tekanan pendistribusian air ke pelanggan dapat ditingkatkan.

Beberapa upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kota Banjarbaru dan PDAM Intan Banjar adalah memperbesar diameter pipa pada beberapa lokasi pelayanan seperti Booster muslimin.

Kalau sebelumnya menggunakan diameter pipa 200 milimeter, sekarang 300 milimeter untuk wilayah Sungaiulin sepanjang 1,8 kilometer di Jalan Kelapa Gading tembus ke BLK. Kemudian wilayah Cempaka sepanjang 1,6 km dari Jalan Kelapa Sawit koneksi dengan pipa 300 milimeter. Bahkan akan ditambah panjang perpipaannya menyesuaikan ketersediaan anggaran yang ada.

Dampak perbesaran diameter pipa tersebut, beberapa wilayah, Jalan Jeruk, Perambaian dan BLK, bila ebelumnya aliran air yang mengalir belum 24 jam, sekarang sudah mendapatkannya. Begitu juga wilayah yang sebelumnya belum mendapat akses air PDAM, yaitu Banyuirang, sekarang sudah mendapatkan air bersih. Itu dilakuan dengan beberapa program yang ada, seperti MBR APBN, Promo ataupun pemasangan langsung.

Dalam hal menjamin ketersediaan air bersih bagi masyarakat, Pemerintah kota Banjabaru terus memberikan dukungan akses air minum kepada masyarakat Banjarbaru. Terobosannya, melaksanakan pemasangan jaringan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Kecamatan Banjarbaru Utara, yakni optimalisasi MBR pipa 50-100 milimeter di Jalan Sirkuit Sungaiulin sepanjang 2.758 meter.

Kemudian di Kecamatan Lianganggang, optimalisasi MBR pengembangan kawasan Pengayuan Kelurahan Landasan Ulin Selatan diameter pipa 50-100 milimeter sepanjang 2.108 meter.

Kecamatan Landasan Ulin optimalisasi MBR pengembangan wilayah Trikora di Kelurahan Guntungmanggis dengan diameter pipa 50-100 molimeter sepanjang 2.688 meter. Kemudian optimalisasi MBR di Kecamatan Cempaka diameter pipa 50-100 milimeter. Untuk pengembangan wilayah kawasan Cempaka dan pengembangan kawasan Palam, Kelurahan Palam, masing-masing sepanjang 1.917 meter dan 3.365 meter.

Dalam hal perbaikan kualitas air, PDAM Intan Banjar telah menggunakan system elektro clorinator yang terpasang di Instalasi Pengolahan air (IPA) Peramuan, Landasan Ulin.

Halaman
123
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help