Bertakwa

Ribuan Siswa Ikuti Khataman Alquran Massal

Tak kurang dari seribu siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengikuti khataman Alquran massal

Ribuan Siswa Ikuti Khataman Alquran Massal
istimewa
khataman Alquran massal 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Tak kurang dari seribu siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengikuti khataman Alquran massal yang digelar di Masjid Raya At-Taqwa Amuntai, Kamis (19/4).

Dimeriahkan oleh parade marching band dan lantunan syair-syair shalawat oleh para peserta, khataman Alquran kali ini dimulai dengan pawai ta'aruf oleh ribuan pelajar yang secara langsung dilepas oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten HSU di depan Masjid Raya At-Taqwa Amuntai.

Para peserta menyusuri jalan protokol kota Amuntai dan berakhir di halaman Masjid Raya At-Taqwa, Kamis (19/04/2018).

khataman Alquran

 khataman Alquran kali ini dimulai dengan pawai ta'aruf oleh ribuan pelajar yang secara

langsung dilepas oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten HSU di depan Masjid

Raya At-Taqwa Amuntai (istimewa)

Ketua panitia pelaksana M. Anshari mengatakan, para siswa yang ikut serta dalam khataman Alquran kali ini berjumlah 1480 siswa dari 81 MI se-Kabupaten HSU, khususnya siswa kelas 6, karena setiap siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi diharapkan terlebih dahulu khatam Alquran.

“Meski acara ini sumber dananya berasal dari aksi swadaya tiap MI dan sumbangan dari Baznas, kami bertekad kegiatan ini akan terus dilaksanakan setiap tahunnya," ujar Anshari.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag HSU Drs. H. Matnor dalam sambutannya mengingatkan, adanya kegiatan khataman ini bukan berarti tidak lagi membaca Alquran, akan tetapi terus membaca, mengkaji, mempelajari, serta memahami setiap ayat dalam Alquran, karena Alquran adalah pedoman hidup umat Islam.

Selain itu, maraknya pergaulan bebas dan obat terlarang serta hal-hal negatif lain dalam arus globalisasi saat ini, maka generasi muda perlu dibentengi.

Husairi menyerahkan sertifikat secara simbolis kepada sejumlah siswa-siswi yang mengikuti khataman Alquran dengan disaksikan seluruh pelajar serta para guru pendamping di masing-masing MI.

Husairi menyerahkan sertifikat secara simbolis kepada sejumlah siswa-siswi yang mengikuti

khataman Alquran dengan disaksikan seluruh pelajar serta para guru pendamping di masing

-masing MI. (istimewa)

"Kegiatan ini adalah salah satu benteng generasi muda. Ciptakan generasi muda yang cinta Alquran (generasi qurani), sehingga terwujud HSU yang agamis sesuai motto yang tertuang dalam HSU MANTAP," tegas Matnor.

Senada, Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi, Lc menyatakan, Al Qur'an sebagai pedoman hidup maka Alquran harus setiap hari dibaca, misalnya dengan menggalakkan gerakan maghrib mengaji di setiap rumah di Kabupaten HSU.

Di akhir acara, Husairi menyerahkan sertifikat secara simbolis kepada sejumlah siswa-siswi yang mengikuti khataman Alquran dengan disaksikan seluruh pelajar serta para guru pendamping di masing-masing MI. (*/aol)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help