Yayasan Adaro Bangun Negeri

Jejak Langkah Kartini Masa Kini di Tanah Kalimantan

Dari sekian banyak perempuan Indonesia yang penuh inspiratif, berikut adalah beberapa sosok yang mengikuti jejak Kartini

Jejak Langkah Kartini Masa Kini di Tanah Kalimantan
istimewa
Di atas lahan berukuran 18x30 meter setiap hari, Siti Rohanah menampung puluhan murid yang berasal dari berbagai daerah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - “Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya” begitulah semboyan yang dimiliki Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan dan menegakkan ajaran bahwa perempuan juga memiliki hak yang sama dalam pendidikan dan sosial di masyarakat.

Melalui tulisan-tulisan dan sekolah yang didirikannya Kartini merubah pandangan bahwa perempuan tidak hanya ditakdirkan sebagai pengurus rumah tangga semata, bahwa perempuan memiliki peran yang lebih dari itu.

Harum nama Kartini hingga hari ini masih dikenang dan menginspirasi banyak perempuan untuk berkarya dan membuktikan diri bahwa sesungguhnya mereka memiliki peran yang besar dalam kemajuan dan pembangunan masyarakat.

Dari sekian banyak perempuan Indonesia yang penuh inspiratif, berikut adalah beberapa sosok yang mengikuti jejak Kartini dalam mengabdikan hidupnya untuk memajukan masyarakat yang ada dilingkungannya.

Siti Rohanah

Siti Rohanah, perempuan yang lahir di kecamatan Paringin kabupaten Balangan 45 tahun silam ini mendirikan lembaga kursus dan pelatihan (LKP), bagi siapa saja yang ingin belajar keterampilan jahit-menjahit.

Diatas lahan berukuran 18x30 meter setiap harinya ia menampung puluhan murid yang berasal dari berbagai daerah.

Jarum, benang, meteran, gunting dan kancing jadi hal yang sangat mudah ditemui disana.

Ada beberapa tumpuk pakaian yang sudah selesai dijahit dan menunggu diambil pemesan. Di sudut ruangan berjajar mesin jahit yang biasa digunakan murid-muridnya saat praktik menjahit.

Halaman
1234
Penulis: Dony Usman
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved