Saraba Kawa

Stand Tabalong pada Expo Nusantara Ramai Dikunjungi, Isteri Menteri Tertarik Syal Khas Upau

Dalam rangka Hari Ulang Tahun ke 43 Taman Mini Indonesia Indah, Pemerintah Kabupaten Tabalong mengikuti Expo Nusantara

Stand Tabalong pada Expo Nusantara Ramai Dikunjungi, Isteri Menteri Tertarik Syal Khas Upau
istimewa/humas pemkab tabalong
Isteri Menteri Koperasi & UKM (sebelah kiri) tertarik dengan syal dari Tabalong 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA – Dalam rangka Hari Ulang Tahun ke 43 Taman Mini Indonesia Indah, Pemerintah Kabupaten Tabalong mengikuti Expo Nusantara tahun 2018 yang menampilkan produk khas, pariwisata, seni dan budaya dari seluruh Nusantara pada tanggal 19 – 22 April 2017 di Jakarta.

Pada pameran yang diselenggarakan di Gedung Sasana Kriya TMII tersebut, stand Pemerintah Kabupaten Tabalong menampilkan produk dari UMKM Tabalong seperti Kain Sasirangan, Kopi Pasak Bumi, berbagai jenis madu dan produk lainnya.

Selain itu juga, potensi wisata dan seni budaya asal Tabalong juga turut ditampilkan dalam rangka mempromosikan produk asli Tabalong ke masyarakat luas.

Plt Bupati Tabalong beserta Ketua GOW Tabalong berfoto didepan stand Kabupaten Tabalong pada Expo Nusantara tahun 2018

Plt Bupati Tabalong beserta Ketua GOW Tabalong berfoto didepan stand Kabupaten

Tabalong pada Expo Nusantara tahun 2018 (istimewa/humas pemkab tabalong)

Keikutsertaan Tabalong pada expo nusantara tahun 2018 ini diungkapkan Plt. Bupati Tabalong H. Zony Alfianoor sebagai upaya mempromosikan kekayaan Tabalong selain hasil tambang yang selama ini belum diketahui oleh masyarakat umum.

"Hal – hal seperti ini (pameran) akan terus dilakukan baik ditingkat nasional maupun internsional” jelas H Zony.

Selain pameran produk, Kabupaten Tabalong juga menampilkan tarian Mauntal Ilal pada peringatan Puncak HUT TMII ke 43 di Gedung Theater Garuda.

Penampilan kesenian khas Tabalong di kancah Nasional bukan hanya sekali ini, sebelumnya kesenian Manaik Manau pernah ditampilkan pada HUT Satpol PP TK. Nasional dan mendapat apresiasi dari penonton yang hadir dari seluruh Daerah di Indonesia.

Pada pembukaan Expo Nusantara Tahun 2018 pada hari Kamis (19/4), Direktur Taman Mini Indonesia Indah, Bambang Sutanto mengharapkan peran serta Pemerintah Daerah untuk membangun Taman Mini Indonesia Indah sebagai wahana edukasi dan hiburan kebanggaan Indonesia, sekaligus media promosi potensi daerah.

"Anjungan yang ada di Taman Mini bisa dijadikan media promosi bagi potensi daerah”jelasnya.

Setelah resmi dibuka, stand Kabupaten Tabalong langsung dibanjiri pengunjung yang datang, salah satunya adalah istri Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Ibu Bintang Puspayoga.

Melihat produk – produk yang dipamerkan, ibu Bintang sangat tertarik dengan sebuah syal berbahan olahan kulit kayu yang merupakan produk khas Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong.

”Warna dan coraknya sangat natural dan khas,”ucap istri dari Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Satu lagi yang menarik dari peringatan HUT TMII ke 43 tahun ini, Kalimantan Selatan didaulat menjadi ikon HUT TMII, sehingga saat ini sampai dengan tanggal 22 April mendatang, Taman Mini Indonesia Indah banyak dihiasi dengan ornament – ornament Banjar dan Dayak serta pagelaran – pagelaran kesenian asal Kalimantan Selatan.(*/aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved