Bumi Antaluddin

Pemkab HSS Peringati HUT Satpol PP, Damkar dan Satlinmas, Ini Pesan Penjabat Bupati

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar upacara hari jadi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke 68

Pemkab HSS Peringati HUT Satpol PP, Damkar dan Satlinmas, Ini Pesan Penjabat Bupati
istimewa/Humas Pemkab HSS
Suasana apel HUT Satpol PP 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar upacara hari jadi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke 68, Pemadam Kebakaran (Damkar) ke 99 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan akhir pekan tadi.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Plt Bupati HSS H Ardiansyah.

Kegiatan apel ini dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Para Pejabat Lingkup Pemerintah Kabupaten HSS, Instansi Vertikal serta Paguyuban Pemadam Kebakaran di HSS.

Suasana apel HUT Satpol PP.
Suasana apel HUT Satpol PP. (istimewa/Humas Pemkab HSS)


Peserta upacara terdiri dari unsur TNI dan Polisi, Satpol PP, Rutan Kandangan, Dinas terkait lingkup Pemerintah Kabupaten HSS, Linmas, dan perwakilan dari Satuan Pemadam Kebakaran se Kabupaten HSS.

"Upacara hari jadi Satpol PP ke-68, Damkar ke-99 dan Satlinmas ke-56 ini menjadi apel siaga dalam rangka mengawal pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018,” kata Plt Bupati HSS H Ardiansyah.

Dalam sambutannya Plt Bupati HSS membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

Melalui tema yang diambil dari hari jadi Satpol PP ke-68, dan Satlinmas ke-56 yaitu “Satpol PP dan Satlinmas siap mengawal Pilkada serentak 2018”, harus lebih siaga di tahun politik ini.

Sebagai perangkat daerah, Satpol PP dan Satlinmas akan ikut terlibat langsung mengawal pesta demokrasi, terutama Pilkada.

Suasana apel HUT Satpol PP.
Suasana apel HUT Satpol PP. (istimewa/Humas Pemkab HSS)


Seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas harus senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan dengan berpedoman pada Permendagri Nomor 54 Tahun 2011, tentang standar operasional prosedur (SOP).

Keterlibatan secara aktif sebagai tenaga pengamanan langsung dalam kelompok penyelenggaraan pemungutan suara (KPPS) dengan berpedoman pada Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016, serta Permendagri Nomor 10 Tahun 2009 tentang penugasan Satlinmas dalam penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan pesta demokrasi.

H Ardiansyah menekankan, jajaran Satpol PP harus bertindak netral, profesional, bebas dari intervensi politik serta bersih dari praktik KKN.

Selain itu, Satpol PP juga harus bersikap proaktif mencermati gelagat dinamika di wilayahnya.

Demi menjaga stabilitas dan keamanan, menjelang pesta demokrasi di daerah dan tetap konsisten menjaga citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintahan daerah sebagaimana dimanatkan dalam Panca Wira Satya Polisi Pamong Praja.

“Kepada Satlinmas supaya senantiasa proaktif dalam rangka deteksi dini dan cegah dini terhadap potensi gangguan ketentraman dan ketertiban umum di masyarakatnya masing-masing. Sehingga Pilkada dapat berlangsung dengan aman, tertib dan tenteram,” katanya.

Peringatan Damkar ke-99 menjadi momentum untuk mengenang peristiwa tahun 1919 atas perjuangan Brandweer memadamkan kebakaran besar di Jakarta.

Peringatan itu dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan komitmen, memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, serta mewujudkan perlindungan masyarakat dari ancaman dan dampak atas terjadinya kebakaran.

Damkar bukan hanya penjaga kota yang bertindak pasif, tetapi juga berperan aktif dalam proses pembangunan, melindungi hasil pembangunan, dan memberikan perlindungan masyarakat, dengan tujuan akhir peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu tugas Damkar di Kabupaten/Kota adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran, melalui inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran, serta pemberdayaan masyarakat.  (AOL/*).

Simak informasi kabupaten HSS pada tautan berikut ini

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help