Berita HST

Empat SMP di Kecamatan BAT Numpang Lab Komputer SMAN 9, Charge Laptop Sebelum Ujian

Ada tiga SMPN satu atap berinduk ke SMPN 1 Batutangga, yang Senin (23/4/2018) mengikuti UNBK.

Empat SMP di Kecamatan BAT Numpang Lab Komputer SMAN 9, Charge Laptop Sebelum Ujian
banjarmasinpost.co.id/hanani
Siswa SMP dari sekolah-sekolah terpencil di Meratus pertama kalinya mengikuti UNBK di SMAN 9 Kecamatan Batangalai Timur (BAT), Hulu Sungai Tengah, Senin (23/4/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - DInas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Tengah salah satu Kabupaten di Kalsel yang menyelenggarakan UNBK, baik untuk SMA/SMK maupun SMP. Kebijakan itupun mau tidak mau harus diterima oleh siswa sekolah-sekolah di desa terpencil, baik di Pegunungan Meratus maupun daerah perairan. Seperti dilakukan sekolah terpencil di Kecamatan Batangalai Timur.

Ada tiga SMPN satu atap berinduk ke SMPN 1 Batutangga, yang Senin (23/4/2018) mengikuti UNBK. Sekolah-sekolah tersebut terpaksa menumpang lab computer SMAN 9 Batangalai Timur.

Hari pertama pelaksanaan ujian, berjalan lancar, meski jaringan internet di sana tak secepat di wilayah perkotaan. Untuk bisa mengakses internet, sekolah tersebut menggunakan modem plus penguat sinyal berupa antena dengan ketinggian 12 meter.

Baca: Live Streaming RCTI Grand Final Indonesian Idol Malam Ini - Perjuangan Hidup Mati Abdul dan Maria

“Kecepatan internetnya tak seperti diperkotaan, karena sekolah ini dikelilingi pegunungan Meratus. Tapi Alhamdulillah bisa saja digunakan,” kata Panitia UNBK SMPN di Kecamatan BAT bidang operator, Rahmani kepada BPost, di sela kegiatan UN. Adapun jumlah komputer di SMAN 9 ada 17 unit, ditambah computer milik SMPN 1 Batutangga, 15 unit menjadi 32 unit, serta computer cadangan tiga unit.

Adapun sekolah yang melaksanakan UNBK dengan meminjam ruang lab computer SMAN 9 tersebut, sekolah induk, yaitu SMPN 1 Batutagga, SMPN 2 Satu ATap (Satap) Hinas Kiri, SMPN 3 Satap Pambakulan, serta SMPN 4 Satap di Desa Natih. Adapun total siswa peserta UNBK tersebut 96 orang, sehingga waktu ujian dibagi tiga sesi per hari, dengan waktu 90 menit per sesi.

Baca: Live TV One! LIVE STREAMING Persis Solo vs Semen Padang Liga 2 di TVOne Malam Ini 19.30 WIB

M Arsyad Marwan, guru SMPN Pambakulan menuturkan, sebelum UNBK dilaksanakan, telah dilakukan simulasi menggunakan aplikasi offline. Arsyad mengakui di sekolahnya sendiri anak-anak tidak begitu intens menggunakan computer, mengingat hanya satu laptop yang dimiliki sekolah. Peserta dari SMPN 3 Pambakulan sendiri ada 14 siswa.

“Di sekolah anak-anak diajarkan computer seadanya. Jadi satu computer untuk semua siswa. Di sekolah sendiri, belum terhubung jaringan listrik, karena letak sekolah cukup jauh dari permukiman penduduk. “Sebelum membawa laptop ke sekolah, kami harus mengeces dulu, sampai battrei nya full,”kata Arsyad.

Meski demikian, pihaknya tak berkecil hati karena meski tak begitu familiar dengan computer, setidaknya hampir semua siswa memiliki smartphone android, dan sudah pernah menggunakan internet melalui smartphone tersebut.

“Selain itu, dua kali latihan melaui simulasi, membuat kami yakin mereka bisa melaksanakan tugas seperti siswa lainnya,”kata Arsyad. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved