BFocus Economic

Mudahnya Usaha Laundry, Ibu Rumah Tangga Pun Bisa

Besarnya pangsa pasar ini, membuat laundry menjadi salah satu peluang usaha yang sedang naik daun dan makin menjamur

Mudahnya Usaha Laundry, Ibu Rumah Tangga Pun Bisa
burhani yunus
Karyawan Kumala Laundry berdomisili di Jalan Kebun Bunga Ujung Nomor 20 Kecamatan Banjarmasin Selatan sedang menata pakaian yang siap diserahkan ke pelanggan. 

BANJARMASINPOSTGROUP.CO.ID, BANJARMASIN - Aktivitasyang padat sebagai Female Disk Jockey, membuat Okthary Sasa mengandalkan jasa laundry untuk urusan mencuci pakaiannya. Jasa laundry juga membuat pakaiannya tak hanya bersih dan wangi, tapi juga sudah disetrika dengan rapi.

“Mengantar ke tempat laundry lebih praktis, meringankan pekerjaan yang lain juga. Kan tinggal antar, besok sudah rapi dan wangi dengan bungkusan,” katanya.

Jasa laundry pilihannya adalah yang pelayanannya ramah dan memuaskan. Semua pakaian yang diantar tidak pernah tercecer, ketinggalan apalagi sampai hilang. “Paling penting, ada layanan antar jemput,” tambahnya.
Komentar senada juga diungkapkan Dewi Eka Susanti dan Bethy Sidauruk. Tidak hanya mereka, yang notabene perempuan kota dengan segudang aktivitas, tapi sebagian besar masyarakat modern saat ini pun kian familiar dengan jasa laundry.

Besarnya pangsa pasar ini, membuat laundry menjadi salah satu peluang usaha yang sedang naik daun. Saat ini di kota besar seperti Banjarmasin, bisnis jasa ini kian menjamur.

Lalu bagaimana cara membuka usaha jasa laundry agar sukses dan bisa bertahan lama? Pengalaman dari sejumlah pelaku usaha laundry di Banjarmasin ini mungkin bisa menjadi referensi.

Owner Kumala Laundry, Agus Triono mengatakan sebenarnya tidaklah sulit membuka usaha laundry. Untuk tahap awal, bisa dilakukan dengan membeli mesin cuci yang murah dulu. Jika usaha sudah berkembang, baru meningkatkan kapasitas mesin.

Melengkapi persyaratan usaha juga relatif mudah. Proses perizinan satu pintu yang diberlakukan pemerintah daerah seperti Pemko Banjarmasin sangat membantu pengusaha. “SKTU sudah lengkap, SIUP juga sudah dipermudah pengurusan dari Pemko. Mungkin satu bulanan," tambahnya.

Layanan laundry dipilih karena kualitasnya, karena itu sangat penting menjaga kepercayaan konsumen. “Kumala laundry dengan harga Rp 9 ribu per kilo. Ini menjadi laundry dengan harga tertinggi memang untuk saat ini, tetapi kami mengutamakan kualitas, karena menggunakan produk berkualitas,” kata Agus.

Baca berita selengkapnya di BFocus Economic Banjarmasin Post edisi Selasa (24/4/2018). (*)

Editor: Anjar Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved