Berita Tabalong

Hanya Dalam 30 Menit, Alat Penguji Kesuburan Tanah Selesai Dibuat, Ini Sosok Penemunya

BERADA di kecamatan terujung Tabalong tak lantas membuat Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Desa Jaro, Kecamatan Jaro

Hanya Dalam 30 Menit, Alat Penguji Kesuburan Tanah Selesai Dibuat, Ini Sosok Penemunya
BPost Cetak

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - BERADA di kecamatan terujung Tabalong tak lantas membuat Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Desa Jaro, Kecamatan Jaro, ini tak bisa melakukan inovasi.

Guna mendukung tugasnya berkaitan dengan tanaman, Yana Mulyana, melakukan inovasi teknologi tepat guna dalam bidang pertanian.

Pria yang saat ini tinggal Kampung Jawa Desa Jaro RT 14 kecamatan Jaro, Tabalong, ini membuat sebuah alat untuk menguji kesuburan tanah.

Alat uji kesuburan tanahnya yang cukup simple itu berhasil meraih juara pertama dalam lomba inovasi dan kreasi hasil pengolahan teknologi tepat guna yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Tabalong.

Baca: Maria Simorangkir Juara Indonesian Idol 2018, Anggun C Sasmi Sebut Merinding

Dengan alat inovasikannya itu, pria kelahiran Bogor 1 Juli 1979 ini, menjadi wakil Bumi Sarabakawa mengikuti lomba yang sama untuk tingkat Provinsi Kalsel.

"Rencana 25 April ini lomba tingkat provinsi di BLK Banjarbaru," kata pria yang akrab dipanggil Yana kepada Bpost beberapa waktu lalu.

Diceritakan Yana, alat uji kesuburan tanah yang dibuatnya bermula dari adanya alat uji kesuburan tanah yang selama ini telah digunakan.

Alat itu menggunakan listrik dari PLN dengan satu buah lampu sebagai indikator tingkat kesuburan tanah.

Apabila tanahnya subur maka lampu akan menyala terang.

Halaman
123
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help