Kabar dari Arab

Musik Panting Sudah Sampai ke Mesir, Para Pemuda Ini yang Membawanya ke Kairo

Kesenian khas Kalsel, yakni musik panting ditampilkan pada sebuah acara Internasional Culture Festival, di Kairo, Mesir

Musik Panting Sudah Sampai ke Mesir, Para Pemuda Ini yang Membawanya ke Kairo
dok Mahasiswa Kalimantan-Mesir
Kesenian khas Kalsel, yakni musik panting ditampilkan pada sebuah acara Internasional Culture Festival, bertempat di al-Azhar Conference Center, Thoyaran Street, Rabea al-Adawiyah district, Cairo (17/4/2018) lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KAIRO - Kesenian khas Kalsel, yakni musik panting ditampilkan pada sebuah acara Internasional Culture Festival, bertempat di al-Azhar Conference Center, Thoyaran Street, Rabea al-Adawiyah district, Kairo, Mesir (17/4/2018) lalu.

Acara diselenggaran oleh Perlemen Mahasiswa Asing al-Azhar, bertujuan untuk mengenal kebudayaan masing-masing negara. Dengan mengangkat tema dari penggalan ayat Alquran.

"وجعلناكم شعوبا و قبائل ليتعارفوا"

berarti: Kalian kami jadikan berbangsa dan berbagai suku untuk saling mengenal.

Tak tanggung-tanggung, acara kali ini menampilkan 24 Kebudayan dari masing-masing negara, baik dengan melakukan penampilan panggung maupun bazar kebudayaan.

Baca: Menikmati Rajaban Prasmanan Diiringi Musik Panting, di Sini Tempatnya

Indonesia pun tak kalah antusias, mempertunjukan kebudayaannya, kali ini yang mewakili kesenian Indonesia di mata dunia dunia adalah alat musik khas Kalimantan yakni Panting.

Ada tiga 3 lagu yang dibawakan grup panting. Dua lagu diambil dari lagu khas Kalimantan Selatan "Rantauan dan Ampar-ampar pisang" dan satu ditambah satu lantunan sholawat yang diiring alunan musik Panting.

"Sebenarnya persiapan kali ini belum begitu maksimal dikarnakan banyaknya kesibukan, tapi karna semangat dan orang yang tergabung dalam grup kesenian ini sudah terlatih, alhamdulillah bisa tampil memuaskan," jelas Muhammad Said Rafi'i selaku ketua Divisi Keilmuan dan Kebudayaan Mahasiswa Kalimantan-Mesir yang ikut serta dalam penampilan kesenian internasioanl itu mengungkapkan

Penampilan dari Indonesia kali ini benar-benar menjadi sorotan para hadirin. Acara yang dihadiri bukan cuma dari mahasiswa Indonesia yang berdomisili di Mesir tapi juga para Mahasiswa Internasional dari berbagai Negara yang turut menyaksiakan betapa kaya Indonesia dengan berbagai kesenian.

Baca: Gagal Bawa Alat Musik Panting! Ustazah dari Barabai ini Tetap Pukau Guru di Univercity of Melbourne

"Penampilannya bagus dan memuaskan, andai durasinya ditambah pasti lebih memuaskan" komentar salah seorang penonton dengan antusias.

Semoga dengan ikut serta grup Panting dalam Festival kebudayaan Internasional Kairo diharap bisa lebih memperkenalkan kesenian dan kebudayaan Indonesia dikancah Internasional. (*)

Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved