Saraba Kawa

Kembangkan Perpustakaan untuk Wujudkan Kesejahteraan

Pengembangan perpustakaan saat ini tak hanya ditujukan untuk memberikan pelayanan yang optimal, namun juga bertujuan

Kembangkan Perpustakaan untuk Wujudkan Kesejahteraan
istimewa/diskominfo tabalong
sosialisasi pengembangan perpustakaan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Pengembangan perpustakaan saat ini tak hanya ditujukan untuk memberikan pelayanan yang optimal, namun juga bertujuan bisa berdampak terhadap kesejahteraan.

Ini karena perpustakaan tidak lagi hanya sekadar berisikan buku-buku, tapi dikembangkan juga menjadi fasilitas yang bisa membuat masyarakat sejahtera.

Diantaranya dengan adanya program pelatihan di perpustakaan yang bisa menjadi modal keterampilan untuk membuka usaha, salah satunya pelatihan komputer.

sosialisasi pengembangan perpustakaan
sosialisasi pengembangan perpustakaan (istimewa/diskominfo tabalong)

Pengembangan sendiri tak hanya dilakukan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabalong, tapi juga disebar sampai ke desa-desa.

Hal ini disampaikan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabalong, Abubakar Sidiq, saat menggelar sosialisasi pengembangan perpustakaan, bertemakan 'Literasi untuk Kesejahteraan melalui Peran Perpustakaan Desa',Rabu (25/4/2018).

"Sekarang perpustakaan menjadi tempat belajar berkegiatan. Jadi bukan lagi hanya untuk sekadar bekajar baca buku tapi ada kegiatan-kegiatan keterampilan dan akan difasilitasi sampai ke perpustakaan desa," jelasnya.

sosialisasi pengembangan perpustakaan
sosialisasi pengembangan perpustakaan (istimewa/diskominfo tabalong)

Dari hasil pengembangan pemberian keterampilan saat ini alumninya sudah ada yang bisa mendapatkan nilai ekonomis karena berhasil membuka peluang usaha.

Ditambahkannya , dalam pengembangan perpustakaan desa ini juga akan didukung dengan dibuatnya perpustakaan digital, sehingga memudahkan dalam pencarian buku.

Di Tabalong sendiri sudah ada pengembangan perpustakaan di tujuh desa, dan telah mendapat dukungan bantuan komputer.

Sedangkan tahun ini direncanakan akan ada lagi pengembangan untuk 10 desa lainnya yang akan menjadi replikasi perpustakaan desa.

"Mudahan kami bisa berikan stimulan berupa 1 komputer dan printer untuk satu perpustakaan," katanya.

Untuk buku yang diperlukan nantinya juga bisa dipinjam dari dinas perpustakaan secara bergilir sehingga akan selalu tersedia.

"Kami juga akan kerjasama dengan DPMPD agar program replikasi perpustakaan desa ini bisa berjalan sukses," ujarnya. (*/aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help