Bumi Antaluddin

Silaturrahmi Penjabat Bupati HSS dengan Anggota Ikmasil, Ulama dan Umara Rakat, Banua Babarkat

Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik (PB Kesbangpol) Kabupaten Hulu Sungai Selatan menggelar Silaturrahmi

Silaturrahmi Penjabat  Bupati HSS dengan Anggota Ikmasil, Ulama dan Umara Rakat, Banua Babarkat
istimewa/Protokol dan kehumasan.
Silaturrahmi Penjabat Bupati HSS dengan Anggota Ikmasil 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik (PB Kesbangpol) Kabupaten Hulu Sungai Selatan menggelar Silaturrahmi Plt Bupati HSS dengan Anggota Ikatan Mualimin Masjid dan Langgar (Ikmasil) se Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Badan PB Kesbangpol HSS, Rabu, (25/5) dan dibuka secara resmi oleh Plt Bupati HSS, H Ardiansyah.

Pada kegiatan ini hadir Ketua MUI Kabupaten HSS HM Riduan Baseri, Kepala Badan PB Kesbangpol Efran serta seluruh pengurus dan anggota Ikmasil dari delapan kecamatan di Kabupaten HSS.

Silaturrahmi Penjabat  Bupati HSS dengan Anggota Ikmasil
Silaturrahmi Penjabat Bupati HSS dengan Anggota Ikmasil (istimewa/Protokol dan kehumasan.)

Mengusung tema, “Ulama dan Umara Rakat, Banua Babarkat" kegiatan berlangsung sederhana namun bermakna untuk mempererat silaturahmi.

Kepala Badan PB Kesbangpol HSS Efran menyatakan kegiatan silaturrahmi yang dilaksanakan merupakan program tiap tahun dari Badan PB dan Kesbangpol HSS.

Dijelaskan bahwa Ikmasil merupakan wadah menghimpun para mualimin masjid dan langgar, yang berfungsi untuk menjembatani program pemerintah ke masyarakat, sehingga program pemerintah dapat berjalan baik.

Selain itu, tentunya juga untuk menumbuhkan dan menguatkan rasa persatuan dan kesatuan di masyarakat.

"Ikmasil juga bisa memberikan saran kepada pemerintah, sehingga program-program yang telah direncanakan dapat berjalan lancar," katanya.

Plt Bupati H Ardiansyah mengatakan bahwa kegiatan alim ulama sebelumnya lebih banyak untuk ikut mencegah dan ikut melakukan pemberantasan penyalahgunaan narkoba.

Namun sekarang narkoba sudah ada lembaga yang menanganinya, yaitu melalui Badan Narkotika Kabupaten (BNK). Sekarang peran alim ulama sangat diperlukan untuk pembinaan kesatuan bangsa dan politik.

Plt Bupati juga menjelaskan, mengenai berbagai program yang telah dijalankan selama lebih dari empat tahun 10 bulan.

Sesuai RPJMD, terkait dengan pekerjaan sudah mencapai 90% lebih dan hasil dari pelaksanaan semua program yang tertuang dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) harus disampaikan kepada masyarakat atau publik.

Berbagai hasil kinerja Pemerintah Kabupaten HSS, termasuk berbagai penghargaan merupakan hasil kerja keras dan dukungan semua pihak, termasuk para Alim ulama.

H Ardiansyah juga mengatakan kesejahteraan masyarakat secara lahiriah merupakan tanggung jawab pemerintah, sedangkan kesejahteraan masyarakat untuk batiniah dari sisi akhirat memerlukan peran dan tanggung jawab para alim ulama.

Ditambahkannya, dalam waktu dekat, di HSS akan digelar pesta demokrasi berupa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Untuk itu diharapkan, dukungan dari para ulama, agar pelaksanaannya berjalan lancar.

“Mari kita jaga ukhuwah Islamiyah diantara kita, tidak mengoyak persatuan dan kesatuan yang telah dijaga dan diupayakan oleh ulama kita sejak zaman dulu,” pesannya. (*/AOL)

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved