Berita Balangan

Begini Respon Warga Terhadap Aplikasi Administrasi Pertanahan Desa

Aplikasi Administrasi Pertanahan Desa yang digagas oleh Indra Winarta Putra, S.E yang juga menjabat sebagai Kepala Subseksi Pemanfaatan

Begini Respon Warga Terhadap Aplikasi Administrasi Pertanahan Desa
istimewa
Fathul Jannah, aparat Desa Teluk Mesjid Kecamatan Batumandi‬ 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Aplikasi Administrasi Pertanahan Desa yang digagas oleh Indra Winarta Putra, S.E yang juga menjabat sebagai Kepala Subseksi Pemanfaatan Tanah Pemerintah dan Penilai Tanah‬ pada Kantor Pertanahan Kabupaten Balangan‬ mendapatkan respon dari masyarakat.

Bahkan mereka sangat terbantu sekali dengan adanya aplikasi ini dan sudah menggunakan aplikasi ini untuk mengurus surat tanah.

Kepada banjarmasinpost.co.id, Kamis (26/4/2018) beberapa warga memberikan tanggapannya.

Baca: Begini Perubahan Nikita Mirzani Usai Dapatkan 400 Juta Setiap Bulan Dari Dipo Latief

Fathul Jannah, aparat Desa Teluk Mesjid Kecamatan Batumandi‬ mengatakan, setelah adanya aplikasi Administrasi Pertanahan Desa, dirinya sangat merasa terbantu dalam pembuatan surat-surat tanah di desa, saya mengucapkan terima kasih kepada BPN Balangan atas tersedianya aplikasi ini.

Sementara itu Rahmadi, warga Sungai Pumpung Kecamatan Awayan mengaku sebelumnya sempat khawatir ingin membuat sertifikat tanah, karena ada isu biaya pembuatannya yang mahal dan pengurusan yang rumit.

Baca: Astaga! PSK yang Mangkal di Makam Pahlawan Itu Ternyata Bisu, Kirain Mogok Ngomong

"Tapi setelah adanya pihak BPN yang masuk ke desa kami melakukan sertipikasi melalui program PTSL. Ternyata kami hanya perlu mengeluarkan biaya untuk pembelian materai, selebihnya alhamdulillah tidak dikenakan biaya," ujarnya.

Menurutnya, warga didesa sangat terbantu oleh aparat desa yang membuatkan surat tanah sporadik, kami hanya perlu informasikan tentang riwayat tanah kami, kemudian saat itu juga suratnya dicetak dan kami tandatangani, dalam waktu beberapa bulan sertifikat sudah kami terima.

Baca: Ayu Ting Ting Tak Hadiri Acara Ivan Gunawan Usai Video Pukul Kepala, Faye Malisorn Makin Lengket

"Tanpa harus mengurus bolak-balik ke kantor BPN. Bahkan sertipikat langsung diantar ke desa kami," katanya.

Sedangkan Mahmudah, warga Sungai Pumpung Kecamatan Awayan mengatakan, program PTSL ini sangat bagus, tidak memberatkan masyarakat, karena kami cuma mengeluarkan biaya untuk pembelian materai.

(banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help