Bumi Sanggam

Berkat Peran Aktif Penanganan Kebencanaan, Balangan Diganjar Penghargaan Oleh Gubernur Kalsel

Kabupaten Balangan mendapatkan penghargaan dari Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atas respon yang sangat tinggi dan berperan aktif

Berkat Peran Aktif Penanganan Kebencanaan, Balangan Diganjar Penghargaan Oleh Gubernur Kalsel
istimewa
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat menyerahkan piagam penghargaan kepada Bupati Balangan H Ansharuddin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Kabupaten Balangan mendapatkan penghargaan dari Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atas respon yang sangat tinggi dan berperan aktif dalam penanganan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan serta bencana alam lainnya.

Penghargaan dalam bentuk piagam ini diterima langsung oleh Bupati Balangan H Ansharuddin dalam kegiatan memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana 2018 tingkat Provinsi Kalsel di halaman kantor gubernur, Kamis (26/4/2018).

Dalam kesempatan itu Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor meminta agar peran aktif dalam penanganan kebencanaan semakin ditingkatkan.

piagam penghargaan
piagam penghargaan (istimewa)

Kepala BPBD Balangan Alive Yoesfah Love mengatakan, penghargaan ini didapatkan berkat kerjasama seluruh elemen terkait baik pemerintah, antar instansi, komunitas, serta masyarakat.

"Kita utamakan kebersamaan dalam penanganan kebencanaan ini, dengan demikian saat ada kejadian bencana apapun dengan cepat kita respon kelapangan," ujarnya.

Apalagi ditahun 2018 ini guna meningkatkan peran aktif dalam penanganan kebencanaan pihak pemerintah melalui BPBD Balangan sudah jauh-jauh melakukan persiapan terutama antisipasi.

Antisipasi terbaru di tahun ini adalah pihaknya akan memperkuat kordinasi dengan instansi terkait dan relawan.

"Kami sudah membentuk Komunitas Relawan Penanggulangan Bencana, melalui ini kami akan memperkuat serta bersinergi menangani kebencanaan," ungkapnya.

Menurutnya melalui komunitas ini akan memperkuat dan mempercepat informasi kebencanaan, serta mensinergikan kekurangan yang dihadapi.

"Misalnya informasi jika cepat diterima maka waktu respon terhadap bencana yang terjadi segera cepat dilakukan," katanya.

Terkait kesediakan alat penunjang kebencanaan Alive mengakui masih ada yang kurang namun secara bertahap dilengkapi dan juga bekerjasama dengan instansi terkait.

Sementara itu untuk anggaran penanggulangan bencana ditahun ini juga terus disiapkan dan akan ditambah secara bertahap. (*/aol)

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved