Berita Balangan

Pertama di Kalsel, Kantor Pertanahan Balangan Ini Ciptakan Aplikasi Membuat Surat Tanah

Sebagaimana diketahui sertipikat tanah penting bagi masyarakat karena memberikan jaminan kepastian hukum atas tanah

Pertama di Kalsel, Kantor Pertanahan Balangan Ini Ciptakan Aplikasi Membuat Surat Tanah
Istimewa
Pencipta aplikasi Indra Winarta Putra, SE yang juga menjabat sebagai Kepala Subseksi Pemanfaatan Tanah Pemerintah dan Penilai Tanah‬ pada Kantor Pertanahan Kabupaten Balangan saat mensosialisasikan aplikasi tersebut ke kecamatan dan desa. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Salah satu tujuan pemerintah di bidang pertanahan adalah ingin mensertipikatkan seluruh tanah yang ada di wilayah Indonesia, termasuk di Kabupaten Balangan.

Untuk itu pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional mempunyai program pensertipikatan tanah secara massal yang dinamakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) atau yang sebelumnya dikenal dengan istilah Prona.

Program PTSL ini sekarang sedang gencar-gencarnya dilaksanakan oleh pemerintah, untuk mensukseskan program ini, tentunya perlu dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak, baik pemerintah, masyarakat maupun swasta.

Baca: Hasil Bayern Munchen vs Real Madrid di Semifinal Liga Champions, Ronaldo Cs Raih Poin Penuh

Baca: Amerika Mau Serang Indonesia? 6 Faktor Tak Terduga Ini yang Ditakutkan Donald Trump

Baca: 6 Pasar Paling Ngeri dan Sadis di Dunia, dari Tawarkan Daging Manusia sampai Jual Calon Istri

Baca: Beroperasi di Makam Pahlawan, PSK Ini Grebek Petugas Satpol PP Banjarbaru, Langganan Sopir

Sebagaimana diketahui sertipikat tanah penting bagi masyarakat karena memberikan jaminan kepastian hukum atas tanah kepemilikan masyarakat.

Aplikasi Administrasi Pertanahan Desa untuk mempermudah masyarakat dalam pembuatan surat-surat tanah, dan juga mendukung percepatan pengumpulan data yuridis untuk program PTSL.
Aplikasi Administrasi Pertanahan Desa untuk mempermudah masyarakat dalam pembuatan surat-surat tanah, dan juga mendukung percepatan pengumpulan data yuridis untuk program PTSL. (Istimewa)

Untuk menjadi peserta program PTSL masyarakat diwajibkan memiliki surat-surat mengenai penguasaan tanah dan riwayat perolehan tanah.

Nah untuk mendukung program tersebut, Kantor Pertanahan Kabupaten Balangan membuat suatu inovasi untuk mempermudah masyarakat dalam pembuatan surat-surat tanah, dan juga mendukung percepatan pengumpulan data yuridis untuk program PTSL.

Halaman
12
Penulis: Elhami
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help