Berita Banjarmasin

Rapat Pemantapan Ijtima Ulama di Kalsel, Presiden Jokowi Positif Hadir

Ijtima Ulama yang digelar MUI (Majelis Ulama Indonesia) pusat dan bertempat di Kalsel, tinggal 10 hari lagi.

Rapat Pemantapan Ijtima Ulama di Kalsel, Presiden Jokowi Positif Hadir
banjarmasinpost.co.id/salmah
Rapat persiapan menjelang Ijtima Ulama di MUI Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Ijtima Ulama yang digelar MUI (Majelis Ulama Indonesia) pusat dan bertempat di Kalsel, tinggal 10 hari lagi. Berbagai persiapan dilakukan menyongsong kegiatan besar yang akan digelar 7-10 Mei 2018,

Memantapkan persiapan, MUI Kalsel menggelar rapat konsolidasi bersama panitia pusat Ijtima Ulama dan Pemerintah Propinsi Kalsel dan pihak terkait di Sekretariat MUI Kalsel, Komplek Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Banjarmasin, Jumat (27/4).

Hadir pada rapat itu Masduki Baidhowi, salah seorang Ketua MUI pusat yang juga Ketua Panitia Ijtima Ulama, kemudian Mishabul Ulum, Wasekjen MUI pusat yang juga wakil sekretaris panitia. Selanjutnyan Arif Fakhrudin, Ketua Lembaga Lembaga Pentashikh Buku Kitab dari MUI pusat dan juga wakil sekretaris panitia.

Tema Ijtima Ulama tahun ini adalah meningkatkan peran ulama dalam melindungi dan memajukan umat bangsa dan negara.

Baca: Hasil Borneo FC vs Madura United : Skor Babak Pertama 0-2, Gol Cepat Greg

Dikatakan Masduki, insya Allah Presiden RI Joko Widodo positif hadir untuk membuka kegiatan, karena memang sudah dijadwalkan terlebih dulu.

Dijelaskan Masduki, Ijtima Ulama adalah ruhnya MUI, di situlah asa dan usaha MUI diikhtiarkan. Seluruh ahli di bidangnya akan hadir, antara lain ahli hukum Islam dan hukum negara.

"Akan dibahas kebutuhan fatwa untuk umat baik yang terkait kesehatan, kehalalan makanan dan sebagainya," jelasnya.

Papar Masduki, nanti pada Ijtima Ulama akan ada empat komisi, yakni kononiyah yang membahasa berbagai undang undang hukum positif di Indonesia, terkait relevansi dengan umat, juga kaitan ekonomi dan sebagainya.

Kemudian komisi asasiyah wathaniah yang membahas masalah kebangsaan. Poin pentingnya adalah MUI turut menjaga NKRI dengan ideologi Pancasila yang sudah final.

Halaman
12
Penulis: Salmah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help