Berita HSU

Targetkan 300 Wanita HSU Ikuti IVA Test, BKKBN Bidik Pasangan Usia Subur

Kegiatan ini dilaksanakansekaligus dalam rangka rangkaian Tentara Menunggal KB Kesehatan (TMKK) Tingkat Nasional

Targetkan 300 Wanita HSU Ikuti IVA Test, BKKBN Bidik Pasangan Usia Subur
banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati
BKKBN Provinsi Kalsel, DPPKB HSU, Dinkes, dan Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten HSU menggelar pemeriksaan IVA Test di Puskesmas Sungai Malang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu SUngai Utara (HSU) melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) bekerjasama dengan BKKBN Pusat, BKKBN Provinsi Kalsel, DPPKB HSU, Dinkes, dan Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten HSU menggelar pemeriksaan IVA Test di Puskesmas Sungai Malang.

Kegiatan ini dilaksanakansekaligus dalam rangka rangkaian Tentara Menunggal KB Kesehatan (TMKK) Tingkat Nasional dan Hari Jadi ke-66 Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). IVA ( Inspeksi Visual Asam asetat ) adalah pemeriksaan leher rahim ( serviks ) dengan cara melihat, dengan cara ini dapat mendeteksi kanker rahim sedini mungkin.

Hal ini disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan dr Agus Fidliansyah yang juga merupakan Direktur RSUD Pembalah Batung Amuntai, pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk untuk mendeteksi kanker leher rahim dan juga skrining alternatife dari pap smear karena biasanya lebih murah, praktis, sangat mudah untuk dilaksanakan dan peralatan sederhana serta dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan selain dokter ginekologi.

Baca: Hasil Akhir Timnas U-23 Indonesia vs Bahrain di PSSI Anniversary Cup 2018 - Skor 0-1 + Kartu Merah

"Kami terus melakukan sosialisasi agar para pasangan usia subur bisa melakukan pemeriksaan IVA sehingga terhindar dari kanker mulut rahim dan kanker leher rahim," ungkapnya.

Dengan mengikuti pemeriksaan IVA dapat diketahui secara dini kondisi mulut dan leher rahim, dan jika positif pengobatan bisa dilakukan lebih awal. Agus menambahkan, IVA Test yang digelar di Puskesmas Sungai Malang dan Puskesmas Sungai Karias tersebut diharapkan dapat tercapai target sebanyak 300 peserta.

Kepala Bidang KBKR BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan Ir. H. Ramlan, MH mengharapkan agar semua wanita bisa menjaga alat reproduksi, khususnya terhadap bahaya kanker mulut rahim dan kanker leher rahim yang bisa mengakibatkan bayi cacat dan berujung pada kematian.

"Pemeriksaan dilakukan secara berkala, untuk memastikan bahwa kondisi rahim selalu dalam keadaan sehat, bagi yang telah melakukan pemeriksaan diharapkan mengajak wanita lain bahwa pemeriksaan ini selain gratis juga mudah dan tidak sakit, karena sebagian wanita masih enggan melakukan pemerksaan dengan alasan takut ," ujar Ramlan.

Baca: Hotman Paris Sebut Susi Pudjiastuti Calon Wapres, Loh Faktanya Mengejutkan

Ramlan juga mengingatkan kepada para wanita akan pentingnya 4T yang perlu dihindari dalam kehamilan, yaitu terlalu tua, terlalu muda, terlalu dekat melahirkan, dan terlalu banyak. Maka dari itu diimbau kepada para bidan agar selalu mengingatkan mengenai pentingnya mengikuti program KB agar terhindar dari 4T tersebut.

Seiring dengan itu, Plt. Kepala DPPKB HSU Dra. Hj. Anisah Rasyidah Wahid, MAP saat membuka pemeriksaan IVA Test menyampaikan, pemeriksaan IVA Test ini dilaksanakan oleh BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan berkejasama dengan DPPKB Kabupaten HSU dan Dinas Kesehatan yang dilaksanakan dari tanggal 26 April sampai 28 April 2018.

"Sasaran kegiatan terdiri dari Tim Penggerak PKK Desa, Kelurahan, Kecamatan, Dharma Wanita Persatuan HSU, Persit Chandra Kirana, Bhayangkari, dan Gabungan Organisasi Wanita yang ada di Kabupaten HSU," lanjut Anisah.

Anisah berharap adanya sinergi antara BKKBN dan bidan, agar memiliki keterkaitan dan saling berhubungan sebagai mitra kerja, guna menyukseskan program Keluarga Berencana. (banjarmasinpost.co.id/nia)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help