Saraba Kawa

Hadapi Degradasi Lingkungan, DLH Tabalong Bentuk Program Kampung Iklim

Dalam menghadapi adanya degradasi lingkungan dan perubahan iklim, saat inj tengah dijalankan pembentukan Program Kampung Iklim

Hadapi Degradasi Lingkungan, DLH Tabalong Bentuk Program Kampung Iklim
istimewa/diskominfo tabalong
DLH Tabalong meenggelar sosialiasi Program Kampung Iklim bersama Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Karhutla Wilayah Kalimantan Selatan, Zulkarnain, yang juga dihadiri Sekda Tabalong AM Sangadji, perwakilan DLH Kalsel di aula Penghulu Rasyid Pemkab Tabalong 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Dalam menghadapi adanya degradasi lingkungan dan perubahan iklim, saat inj tengah dijalankan pembentukan Program Kampung Iklim (Proklim) di Kabupaten Tabalong.

Sosialiasi agar pelaksanaan Program Kampung Iklim bisa berjalan dengan lancar kini telah dijalankan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong, Rowie Rawatianice, mengatakan, sosialisasi yang dilaksanakan bertujuan agar pedoman pelaksanaan kampung iklim sendiri khususnya di Kabupaten Tabalong bisa diketahui dengan jelas oleh pihak terkait.

DLH Tabalong meenggelar sosialiasi Program Kampung Iklim
DLH Tabalong meenggelar sosialiasi Program Kampung Iklim (istimewa/diskominfo tabalong)

Kemudian juga mendorong komitmen semua pemangku kepentingan melalui pemerintahan untuk mendukung pembentukan dan pelaksanaan kampung iklim dalam rangka salah satu upaya adaptasi dan dedikasi perubahan iklim.

"Jadi sosialisasi ini untuk membuka wawasan pengetahuan kita semua, baik dari pemerintah, juga semua lapisan masyarakat untuk saling bahu membahu dan berkolaborasi dalam melakukan penanganan kaitan dengan perubahan iklim," katanya.

Ditegaskannya, hal ini menjadi sangat penting dilaksanakan, mengingat Tabalong sendiri jika tidak dimulai dari sekarang mengantisipasinya ,maka tidak menutup kemungkinan longsor dan banjir akan semakin inten.

"Bila yang dulunya hanya lima sampai sepuluh tahunan, sekarang banjir sudah kita temui setiap saat dan ini bisa terjadi kapan saja," ungkapnya.

Untuk Kampung Iklim sendiri, imbuhnya, di Kabupaten Tabalong hingga 2019 nanti ditargetkan ada sebanyak 10 Kampung Iklim dan sekarang sudah didaftarkan sebanyak 5 Kampung Iklim.

Sementara itu menurut Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Karhutla Wilayah Kalimantan Selatan, Zulkarnain, Program Kampung Iklim merupakan salah satu program andalan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dilaksanakan setiap tahun.

"Mengingat di bulan bulan sekarang sudah masuk pada bulan kesiapsiagaan bencana nasional, sehingga hampir semua provinsi, kabupaten, kota melaksanakan gelar siaga melalui sosialisasi proklim," katanya.

Dirinya juga meminta jangan sampai proklim ini diijadikan sekedar hanya untuk ikut lomba saja dan apabila tidak terpilih tidak ikut lagi tahun berikutnya.

"Harapan kita, agar peserta ikut terus kegiatan seperti ini karena tujuan fisiknya ke lingkungan," ujarnya.

Selain itu, tambahnya, kegiatan proklim ini juga merupakan satu upaya untuk mendukung kegiatan lainnya di bidang lingkungan, seperti adipura dan dukungan program pemerintah pusat terkait dengan lingkungan. (*/aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help